Begini Cara Mahasiswa Undip Buktikan Hari Tanpa Bayangan

Sejumlah mahasiswa membuktikan fenomena hari tanpa bayangan di Kampus Undip Semarang, Kamis (11/10 - 2018). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
12 Oktober 2018 09:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Fenomena alam hari tanpa bayangan yang terjadi di Kota Semarang, Kamis (11/10/2018) pukul 11.25 WIB, dimanfaatkan sejumlah mahasiwa Universitas Diponegoro (Undip) untuk berfoto.

Berdiri di halaman depan kampus, sejumlah mahasiswa Fakultas Kelautan dan Ilmu Perikanan (FKIP) Undip Semarang berfoto. Mereka ingin membuktikan apakah benar ketika berdiri di bawah sinar matahari tidak tampak bayangan.

"Ternyata benar. Bayangan saya tak terlihat. Tapi panas sekali di kepala," ujar mahasiswa semester V FKIP Undip, Vivi Noviana, 21, saat dijumpai Semarangpos.com, Kamis.

Vivi tidak sendiri membuktikan fenomena alam hari tanpa bayangan itu. Gadis berjilbab asal Lumajang itu mengajak ketiga rekannya untuk merasakan sensasi hari tanpa bayangan.

Sayang, mereka tak betah berlama-lama berdiri di luar ruangan. Hanya bertahan sekitar 1 menit, mereka langsung mencari tempat berteduh.

"Saya melihat info di media sosial kalau hari ini tanpa bayangan pukul 11.25 WIB. Makanya saya coba buktikan, ternyata benar. Tapi panasnya enggak kuat, mungkin suhu udaranya mencapai 36 derajat celcius," ujar mahasiswa lainnya di Undip, Diaz Abidin, 25.

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun BMKG Semarang, Iis Widya Harmoko, mengatakan peristiwa tanpa bayangan merupakan fenomena alam kedua yang terjadi sepanjang tahun ini. Fenomena ini sebelumnya terjadi pada Maret 2018. Peristiwa ini terjadi hanya beberapa saat, sekitar 5 menit.

"Ini fenomena yang kedua. Tapi Maret lalu tidak sepanas ini yang suhunya mencapai 35,6 derajat celcius," terang Iis.

Dengan cuaca panas dan terik itu, Iis pun mengimbau warga memperbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi, memakai pelindung, dan hindari kegiatan yang memicu kebakaran.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya