Pelabuhan Tanjung Emas Bakal Disterilkan Layaknya Bandara

Pemudik bersiap memasuki kapal di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (Bisnis/Ilustrasi)
12 Oktober 2018 01:50 WIB Sri Mas Sari Semarang Share :

Semarangpos.com, JAKARTA — Kementerian Perhubungan menyiapkan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sebagai proyek percontohan pelabuhan yang steril layaknya bandara.

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Agus H. Purnomo mengatakan semua orang yang masuk ke pelabuhan harus memiliki kartu tanda pengenal (ID card). Calon penumpang pun harus mendapatkan boarding pass untuk dapat naik ke kapal. 

Menurut dia, sterilisasi pelabuhan di Indonesia sudah seharusnya dilakukan dalam rangka meningkatkan keamanan demi kenyamanan calon penumpang kapal. "Ini menjadi concern kami bagaimana pelayanan dan kenyamanan di pelabuhan bisa sebaik pelayanan dan kenyamanan di bandara atau stasiun kereta," ujarnya, Rabu (10/10/2018).

Menurutnya, Indonesia telah meratifikasi Safety of Life at Sea (Solas) yang di dalamnya terdapat kode keamanan untuk kapal, pelabuhan, dan fasilitas pelabuhan (International Ship and Port Facilities Security Code atau ISPS Code). ISPS Code telah diratifikasi pemerintah melalui Peraturan Menteri Perhubungan No PM 134/2016 tentang Manajemen Keamanan Kapal dan Fasilitas Pelabuhan sebagai acuan kerja bagi semua pemangku kepentingan.

"Dengan begitu, semestinya pelabuhan harus terbebas dari orang-orang yang tidak berkepentingan. Hanya mereka yang memiliki ID card, tiket, dan kegiatan yang diberikan akses masuk," kata Agus.

Di Pelabuhan Tanjung Emas, saat ini pemesanan tiket menggunakan sistem e-ticketing. Menurut Agus, e-ticketing memberikan kepastian kepada pengguna jasa sehingga penumpang tidak menumpuk di pelabuhan.

Selain menerapkan e-ticketing, pelabuhan akan dilengkapi dengan X-ray untuk mendeteksi orang dan barang yang keluar-masuk pelabuhan. “Jika ada barang-barang yang masuk kategori barang berbahaya, barang-barang yang over, dan sebagainya, bisa terdeteksi,” tutur Agus.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis