Go-Jek di Kudus Wajib Pandu Wisatawan

Sejumlah pengemudi ojek online melakukan konvoi seusai diresmikan hadir di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Rabu (10/10 - 2018). (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)
12 Oktober 2018 15:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, KUDUS — Ojek online atau ojek berbasis aplikasi smartphone kini hadisr di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Kehadiran moda baru angkutan umum itu disambut baik oleh Bupati Kudua Muhammad Tamzil.

Secara khusus ia meminta agar para reader Go-Jek bisa sekaligus menjadi penunjuk jalan bagi wisatawan yang berkunjung ke objek-objek wisata di wilayah ini. "Untuk itu, pengemudi ojek berbasis aplikasi tersebut perlu diberikan pelatihan atau semacamnya agar mereka mengetahui sejumlah objek wisata di Kudus," kata Bupati Tamzil seusai meresmikan kehadiran Go-Jek di Sport Center Kudus, Rabu (10/10/2018).

Apalagi, kata dia, jumlah objek wisata di Kudus cukup banyak, termasuk tempat-tempat kuliner khas Kudus. Menurut dia, para pengemudi ojek online tersebut perlu dibekali pengetahuan soal tempat wisata serta sentra kuliner maupun usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Selain itu, kehadiran operator ojek online di Kudus juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung Pemkab Kudus dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama terkait pengaduan maupun informasi orang meninggal dunia menyusul adanya program santunan bagi warga meninggal dunia dari keluarga tidak mampu. "Jika bisa diintegrasikan dengan pengaduan masyarakat, tentunya Pemkab Kudus tidak perlu lagi membuat aplikasi sendiri," ujarnya.

Brand Manajer Go-Jek Kudus Muhammad Abdul Azis mengungkapkan bahwa hadirnya Go-Jek memang diharapkan bisa mendukung sektor pariwisata yang menjadi sektor unggulan Kota Kudus berikut perekonomian lokalnya. Saat ini, lanjut dia, sudah tersedia tiga layanan di Kudus, yaitu layanan transportasi roda dua Go-Ride, layanan kurir instan Go-Send, dan layanan pesan antar makanan Go-Food.

"Wisatawan yang ingin berwisata ke Kudus dan berjalan-jalan untuk melihat sejumlah objek wisata, seperti Masjid Menara Kudus atau Museum Kretek dengan mudah berkeliling menggunakan layanan Go-Ride," ujarnya.

Selain itu, kata dia, wisatawan yang hendak mencicipi kuliner khas Kota Kudus juga bisa memesannya lewat layanan Go-Food. Adapun objek wisata Kudus yang menjadi andalan, di antaranya Menara Kudus, Makam Sunan Kudus, Makam Sunan Muria, Air Terjun Montel, Air Tiga Rasa, Museum Kretek, dan Museum Patiayam.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara