Brebes Gelar Festival Seni Budaya Islam Sambut Hari Santri Nasional

Bupati Brebes Idza Priyanti. (Antara/Kutnadi)
23 Oktober 2018 03:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, BREBES — Pemerintah Kabupaten Brebes menggelar Festival Seni Budaya Islam di Pendapa Kabupaten Brebes untuk menyambut Hari Santri Nasional 2018 dan Tahun Baru Islam 1440 Hijriah.

Bupati Brebes Idza Priyanti melalui siaran pers yang diterima Kantor Berita Antara di Pekalongan, Minggu (21/10/2018), menyatakan melalui kegiatan Festival Seni Budaya Islam itu diharapkan dapat dibangun semangat melestarikan nilai-nilai kesenian lokal, terutamanya bagi generasi muda setempat.

"Kami berharap melalui festival ini mampu memberikan sumbangsih kepada para pemuda agar terus belajar, khususnya dalam kajian keislaman sehingga nantinya mampu menjadi pahlawan dalam perkembangan Islam," katanya.

Ia mengatakan seni dan budaya lokal di Indonesia banyak memiliki kesamaan dengan nilai-nilai Islam.  "Inilah sebuah identitas, inilah sebuah jati diri baik di tingkat daerah, nasional yang harus terus kita angkat dan lestarikan karena seni dan budaya Islam telah ada sejak dahulu sebelum Indonesia merdeka," katanya.

Ketua Panitia Festival Seni Budaya Islam Ahmad Ma’mun mengatakan dalam kegiatan yang digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (20-21/10/2018) itu dilombakan pemilihan dai kecil (pildacil), srakalan, hafalan Alquran 30 juz, Qiroatul Kutub, dan lomba sepak bola api. "Selain itu juga dilombakan fashion show busana muslim, qosidah, dan hadroh. Adapun puncak Hari Santri dilaksanakan Senin [22/10/2018]," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara