Ganjar: Pelaksanaan Tes CPNS Belum Profesional

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat berdialog dengan peserta tes CPNS di GOR Wujil, Ungaran, Kabupaten Semarang, Senin (29/10 - 2018). (Istimewa/Humas Pemprov Jateng)
29 Oktober 2018 18:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menilai pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 belum profesional. Hal ini disampaikan Ganjar seusai menemukan kendala teknis jaringan saat menggelar inspeksi pelaksanaan tes CPNS di GOR Wujil, Ungaran, Kabupaten Semarang, Senin (29/10/2018).

Seleksi CPNS 2018 dilaksanakan langsung oleh pemerintah pusat melalui Badan Kepegawaian Negara. Salah satu ujian yang harus diikuti peserta adalah Computer Assisted Tes (CAT) yang dilaksanakan oleh vendor pemenang tender sebagai pelaksana teknis jaringan. Ternyata dalam dua kali sidaknya, Ganjar masih menemukan kendala teknis jaringan itu.

“Kemarin sudah datang ke sini karena banyaknya laporan yang datang pada saya terkait ketidakpastian penjadwalan.  Ternyata setelah kita cek ada problem di jaringan,” ujar Ganjar dalam keterangan resmi, Senin.

Ganjar sebelumnya telah melakukan inspeksi tes CPNS pada Minggu (28/10/2018) malam. Ia juga menyempatkan berbincang dengan tim pelaksana teknis.

Kepada Ganjar, pelaksana teknis berjanji akan menyelesaikan masalah jaringan pada pukul 05.00 WIB atau dua jam sebelum pelaksanaan ujian tahap I.

"Kalau teknis bisa diselesaikan maka bolehlah kita kasih label profesional. Tapi kalau tidak ya, apa kita masih bisa bicara profesional. Pagi ini saya datang lagi, karena janji dari pelaksana teknis jam 05.00 WIB sudah siap. Tapi sekarang jam 07.31 WIB ternyata belum siap," kata Ganjar.

Untuk persoalan jaringan tersebut Ganjar mengaku terus intensif berkoordinasi dengan BKN. Bahkan jajarannya siap membantu secara teknis karena kemungkinan besar penjadwalan ulang akan dilakukan.

"Semalam kita sudah rapat, maka pemerintah harus solid melakukan tes ini, antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pelaksana tugas yang memenangkan tender," katanya. 

Selain berkomunikasi dengan pelaksana teknis, pada sidak tersebut Ganjar juga menyambangi peserta tes dan lewat pengeras suara dia memberi penjelasan kendala tersebut. Ganjar mengatakan pemerintah masih berupaya agar pelaksanaan tes CPNS ini berjalan optimal.

"Saya minta sampeyan untuk menyiapkan kembali materi dan mental. Jangan stres agar hasil ujiannya optimal," kata Ganjar di hadapan ribuan peserta. 

Peserta Tes CPNS di Jawa Tengah ini mencapai 56.000. Mereka merebutkan 1.926 formasi yang dibuka oleh Pemprov Jateng, 864 di tenaga kerja guru, 803 di tenaga kesehatan, dan 259 tenaga teknis. Dalam pelaksanaannya tes ini dibagi empat tempat. Di Kabupaten Semarang, Magelang, Sragen dan Purwokerto. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya