Premium Tetap BBM Favorit Sopir Angkot Kudus, Ini Alasan Mereka…

Sejumlah angkutan kota (angkot) terparkir di tepi jalur jalan Kudus/Jepara. (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)
29 Oktober 2018 16:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, KUDUS — Bahan bakar minyak jenis Premium tetap menjadi favorit sopir angkutan kota di Kudus, Jawa Tengah. Harganya yang lebih murah dibanding Pertalite menjadi alasan bahan bakar minyak (BBM) jenis itu menjadi favorit para sopir angkot Kudus.

Saikhu, sopir angkot Jurusan Sub Terminal Karangmalang-Terminal Induk Kudus, menyatakan selisih harga kedua jenis BBM tersebut cukuo bernilai bagi pengemudi angkot. Ia mengakui dalam sehari, biaya operasional dengan membeli Premium hanya Rp80.000, sedangkan pertalite bisa mencapai Rp100.000 karena selisih harganya mencapai Rp1.250/liter, sedangkan jarak tempuhnya hampir sama.

Meskipun selisih Rp20.000, katanya, bagi  sopir angkutan yang pendapatannya minim, tentu berarti. Dalam sehari ketika penumpang banyak, dia mengaku, bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp150.000-an. Jumlah tersebut, masih dikurangi dengan biaya setoran kepada pemilik angkutan sebesar Rp40.000, kemudian digunakan untuk membeli BBM untuk persiapan esok harinya sebesar Rp80.000 atau Rp100.000 disesuaikan dengan jenis BBM yang dibeli.

Ia mengakui untuk mendapatkan premium memang tidak mudah karena pasokannya terbatas karena tidak semua SPBU memiliki stok cukup. "Ketika sudah mencari di sejumlah SPBU tidak mendapatkan Premium, terpaksa membeli Pertalite yang harganya lebih mahal," ujarnya , di Kudus, Jateng, Jumat (26/10/2018).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara