Ratusan Mahasiswa Undip Ikuti Kampanye Safety Riding Astra Motor Jateng

Seminar Keselamatan Berkendara Aman dan berlalu Lintas Sehat di Gedung D FKM Undip, Jl. Prof Soedarto, Tembalang, Kota Semarang, Jateng, Senin (22/10 - 2018). (Istimewa)
30 Oktober 2018 04:50 WIB Ginanjar Saputra Semarang Share :

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 336 mahasiswa mengikuti seminar dengan tema Keselamatan Berkendara Aman dan Berlalu Lintas Sehat di Gedung D Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Diponegoro (Undip), Jl. Prof Soedarto, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Senin (22/10/2018). Pada seminar tersebut, ratusan mahasiswa itu juga mengikuti propgram kampanye safety riding atau keselamatan berkendara dari Astra Motor Jateng.

Dikutip dari Siaran Pers yang diterma Solopos.com dari Astra Motor Jateng, Senin (29/10/2018)Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Hanifa Maher Denny, yang membuka acara tersebut menyampaikan bahwa mahasiswa sangat perlu menjaga kondisi lalu lintas yang sehat di lingkungan kampus. Selain untuk keselamatan, situasi lalu lintas yang sehat juga bisa membuat mahaiswa untuk belajar lebih bersabar dan lebih tertib dalam berbagai aspek kehidupan.

Seminar tersebut diisi beberapa nara sumber, yaitu perwakilan tim Safety Riding Cari Aman Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto; Kasubditdikyasa Ditlantas Polda Jateng, Indra Mangunsong; dan Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Dinas Perhubungan Kota Semarang, Danang Kurniawan.

Seminar Keselamatan Berkendara Aman dan berlalu Lintas Sehat di Gedung D FKM Undip, Jl. Prof Soedarto, Tembalang, Kota Semarang, Jateng, Senin (22/10/2018). (Istimewa)

Pada acara tersebut, Oke selaku perwakilan tim Safety Riding Carim Aman Astra Motor Jateng memberikan penjelasan tentang perlangkapan berkendara, pengecekan kendaraan, fitur keselamatan berkendara, hingga bahaya-bahaya dalam berkendara. Setelah mendapatkan materi dari Astra Motor Jateng, 336 mahasiswa di salah satu kampus di Kota Semarang tersebut mendapatkan materi dari Kasubditdikyasa Ditlantas Polda Jateng yang diwakili Suprihatin. Pada acara tersebut, Suprihatin menyampaikan tentang etika berkendara dan undang-undang lalu lintas kepada 336 mahasiswa di Gedung D FKM Undip Semarang.

Seminar Keselamatan Berkendara Aman dan Berlalu Lintas Sehat kemudian dilanjutkan praktek safety riding atau keselamatan berkendara yang dipandu pihak Astra Motor Jateng. Sementara tu, pihak Dishub Kota Semarang melengkapi materi safety riding dengan penjelasan tentang peraturan lalu lintas , tata Kota Semarang, serta penjelasan tentang fungsil fasilitas jalan dan trotoar.

Seminar Keselamatan Berkendara Aman dan berlalu Lintas Sehat di Gedung D FKM Undip, Jl. Prof Soedarto, Tembalang, Kota Semarang, Jateng, Senin (22/10/2018). (Istimewa)

Setelah rehat makan siang, para peserta seminar di salah satu kampus di Kota Semarang itu melanjutkan praktek berkendara secara aman yang dipandu perwakilan tim Safety Riding Cari Aman Astra Motor Jateng. Dimulai dari pemakaian perlengkapan berkendara, teknik dan postur berkendara yang nyaman dan aman, cara berboncengan yang benar, metode pengereman yang efektif, tips menikung, hingga tips keseimbangan saat berkendara diberikan kepada peserta.

Astra Motor Jateng berharap kegiatan seperti itu bisa meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara dan mencegah terjadinya kecelakaan di lingkungan kampus. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat membentuk komunitas keselamatan berkendara yang melibatkan warga kampus Universitas Diponegoro dan Astra Motor Jateng.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya