Semarang Gandeng Pemalang Kuatkan Ekonomi dan Wisata

Kendaraan melintasi salah satu ruas Jalan tol Semarang-Batang di Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (16/3/2018). - ANTARA/Aditya Pradana Putra
31 Oktober 2018 16:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang menjalin kerja sama ekonomi dan pariwisata dengan Pemerintah Kabupaten Pemalang. Kebersamaan tersebut dilakukan demi memperkuat pengembangan kedua daerah terutama sektor ekonomi.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan interkoneksi antardaerah mutlak dilakukan. Pasalnya, jarak tempuh dari Semarang menuju ke Pemalang akan semakin singkat dengan beroperasinya jalan tol Semarang-Batang dan Pejagan-Pemalang.

"Nanti ketika tol sudah jadi jarak dari Semarang ke Pemalang maupun sebaliknya paling hanya 1,5 jam. Ini merupakan potensi yang harus dimanfaatkan betul oleh kedua daerah guna mengembangkan perekonomian agar semakin maju," kata Wali Kota Hendar Prihadi di Kota Semarang, Jateng, Senin (29/10/2018).

Menurutnya, Pemalang merupakan daerah yang mempunyai potensi cukup baik terutama di bidang pertanian. Sebab, hasil pertanian Kabupaten Pemalang sudah terkenal salah satunya nanas. 

Pria yang akrab disapa Hendi tersebut berujar, jika nanas khas Pemalang sangat enak dan cocok untuk dikembangkan. Bahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan membawa nanas Pemalang saat menjamu Pemerintah Nanjing China. 

"Hasil pertanian di Kabupaten Pemalang sangat luar biasa. Terutama nanasnya begitu enak. Nanti tanggal 20 November kami akan bertemu perwakilan Pemerintah Nanjing China, sekalian membawa nanas Pemalang agar semakin dikenal luas sukur-sukur bisa diborong," kata Hendi.

Di sisi lain, lanjut Hendi, Pemkot Semarang akan belajar mengenai sistem informasi pedesaan yang telah ditetapkan oleh Pemkab Pemalang. Pasalnya, Pemkab Pemalang telah mendapat penghargaan dari PBB untuk sistem tersebut.

"Kami akan belajar dengan Pemkab Pemalang mengenai sistem informasi pedesaan. Itu sangat bagus karena Semarang mengedepankan konsep smartcity itu," ujar Hendi.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Pemalang Junaedi menuturkan Semarang sebagai ibu kota Jawa Tengah memberikan banyak inspirasi terutama sektor ekonomi. Sebab, perekonomian Semarang semakin bergairah dengan banyaknya kawasan industri yang ada. 

Dia menambahkan, Semarang bisa menjadi pelecut daerah lain untuk maju. Sehingga dengan kerja sama kali ini diharapkan ekonomi kedua daerah dapat maju dengan pesat.

"Sebagai ibu kota Jateng, Semarang bisa menjadi leader untuk daerah lain seperti Kabupaten Semarang untuk maju. Kami akan banyak belajar dari Pemkot Semarang terutama untuk menggairahkan perekonomian daerah," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis