2019, IAIN Salatiga Punya Auditorium Baru

Ilustrasi IAIN Salatiga (dok. Solopos - Youtube.com)
02 November 2018 06:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SALATIGA — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga akan memiliki fasilitas baru, berupa gedung auditorium. Pembangunan gedung yang mampu menampung 3.000 orang ini akan mulai dilaksanakan 2019 nanti di Kampus III IAIN Salatiga, Jl. Lingkar Salatiga Km 2.

"Pembangunan auditorium ini masuk program prioritas dari segi fisik pada tahun 2019 nanti," ujar Rektor IAIN Salatiga, Rahmat Hariyadi, dalam keterangan resmi yang diterima Semarangpos.com, Kamis (1/11/2018).

Rektor menyebutkan gedung auditorium itu nanti akan dibangun di sebelah selatan gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Untuk mendukung fasilitas itu, pihak kampus juga akan membangun jembatan penghubung antara gedung fakultas dengan auditorium.

"Rencana di bawah jembatan nanti juga akan dibangun embung," imbuhnya.

Rahmat berharap dengan adanya gedung auditorium itu bisa memaksimalkan berbagai kegiatan di IAIN Salatiga, termasuk pelaksanaan wisuda. Selama ini, untuk menggelar acara wisuda, IAIN Salatiga biasa melaksanakan di halaman gedung rektorat Kampus III.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan Perencanaan IAIN Salatiga, Kastolali, mengatakan pembangunan gedung auditorium nanti akan menggunakan dana dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Sementara untuk pembangunan jembatan penghubung akan menggunakan dana Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2019.

"Untuk sarana dan prasarana tahun 2019 kita estimasikan mendapat porsi 15% dari total PNBP [Pendapatan Nasional Bukan Pajak]. Porsi ini sudah termasuk untuk pembangunan jembatan,” terangnya.

Selain auditorium, pihak IAIN Salatiga juga berencana membangun masjid di sebelah utara gedung rektorat. Pembangunan masjid ini merupakan bantuan dari Qatar Charity Indonesia. Pembangunan masjid juga telah dilaksanakan dan peletakan batu pertama dilakukan Selasa (2/10/2018) dengan dihadiri Wali Kota Salatiga, Yuliyanto.

Kepala Biro Administrasi, Umum, Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Salatiga, Khaeroni, menambahkan selain pembangunan berbagai fasilitas itu, pihak kampus juga berencana menambah fasilitas laboratorium untuk menunjang kegiatan mahasiswa pada tahun depan.

"Beberapa laboratorium yang akan dibangun tahun depan, antara lain lab. bahasa, fotograsif, komputer, microteaching, PAUD, dan biologi," tutur Khaeroni.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya