LP Semarang Geser 38 Napi ke Nusakambangan, Sesak Alasannya...

Situasi di depan LP Nusakambangan, Cilacap, Jateng. (Antara/Sumarwoto)
02 November 2018 09:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 38 narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Kedungpane Semarang dipindahkan ke LP Permisan Nusakambangan Cilacap demi mengurangi kepadatan penjara di ibu kota Jawa Tengah ini.

Kepala LP Kelas I Kedungpane Dadi Mulyadi mengatakan pemindahan 38 warga binaan itu sudah dilaksanakan pada 23 Oktober lalu. "Pemindahan berlangsung lancar, sebelumnya sudah disampaikan secara persuasif kepada napi yang akan dipindah," katanya di Kota Semarang, Jateng, Rabu (31/10/2018).

Menurut dia, redistribusi napi ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti surat Kepala Kemenkumham Wilayah Jawa Tengah. "Kondisi LP Kedungpane saat ini sangat 'over-kapasitas'," katanya.

Ia menjelaskan dari kapasitas penjara yang hanya 663 orang, pada kenyataannya penjara itu dihuni lebih dari 1.600 napi dan tahanan. Sementara itu, jumlah tenaga pengamanan hanya 16 orang.

Meskipun tidak proporsional perbandingan antara jumlah napi dan petugas keamanan, ia menjamin pelayanan dan operasional tempat tersebut dilaksanakan semaksimal mungkin.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara