Pemprov Jateng Raih Penghargaan KPI

Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin (tengah), saat memberikan sambutan pada acara Anugerah KPI di Jakarta, Minggu (4/11 - 2018). (Istimewa/Humas Pemprov Jateng)
05 November 2018 22:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) mendapat penghargaan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Penghargaan itu diberikan karena Pemprov Jateng dianggap sebagai instansi pemerintah di daerah yang peduli dengan penyiaran.

Penghargaan itu diberikan KPI pada acara Anegerah KPI 2018 di Studio 14 MNC, Kebun Jeruk, Jakarta, Minggu (4/11/2018). Penghargaan tersebut diterima Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin.

Komisioner Koordinator Pengawasan Isi Siaran KPI, Hardly Stefan,  mengungkapkan ada tiga aspek penilaian yang digunakan untuk pemerintah daerah, yakni fasilitasi kepada KPID sebagai regulator penyiaran di daerah, regulasi, dan prestasi. Dari ketiga aspek itu, Pemprov Jateng dianggap sebagai yang terbaik.

“Selain itu juga ada upaya mendorong lembaga penyiaran publik lokal. Dan secara prestasi, selain penyiaran kami mencatat juga ada penghargaan dari pers kepada Pemprov Jateng. Tiga aspek itu menjadi tolak ukur dalam penilaian,” ujar Hardly dilansir laman Internet resmi Pemprov Jateng, Senin (5/11/2018).

Ditambahkan, peran kepala daerah sangat penting untuk memberikan dukungan terhadap keberadaan dan eksistensi KPID sesuai UU Penyiaran. Dia berharap seluruh pemerintah daerah dapat memberikan fasilitasi yang memadai kepada seluruh KPID agar berperan optimal seperti amanat undang-undang.

Selain itu, Hardly meminta seluruh pemerintah daerah membuat regulasi dalam bentuk peraturan daerah maupun peraturan gubernur yang mendukung penyiaran, khususnya pengembangan konten-konten lokal.

“Pesan khusus bagi Pemprov Jateng, karena ini pemenang bisa menjadi benchmark, bisa jadi panutan yang lain, dengan lebih lagi memberikan fasilitas, regulasi, dan juga mendorong tumbuh kembangnya lembaga penyiaran publik lokal di seluruh daerah di Jateng,” katanya.

Wakil Gubernur Taj Yasin mengapresiasi penghargaan yang diberikan kepada Jateng. Pihaknya terus berupaya menjunjung komitmen bersama KPI untuk menyejahterakan masyarakat, khususnya Jateng melalui pemberitaan yang baik. Dia mengajak seluruh lembaga penyiaran dan masyarakat untuk menjaga hubungan erat di masyarakat dengan berita yang baik dan tidak memecah belah.

“Dan terima kasih telah membantu pemerintah provinsi, dalam mengawasi berita Pilgub dengan baik, aman, tentram. Mari kita songsong, Pilpres dan Pileg 2019 dengan baik pula. Harapannya, lembaga KPID netral, dan tentunya pemberitaan yang bersifat SARA, hoaxs, mari kita tepis bareng-bareng untuk menjaga kesatuan Republik Indonesia,” tegas pria yang akrab disapa Gus Yasin itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya