Bank Indonesia Buka BI Corner di Kampus Universitas Tidar

Peresmian BI Corner ke/13 untuk wilayah Jateng yang ditandai dengan penandatanganan MoU antara BI dan Universitas Tidar Magelang. (Bisnis)
05 November 2018 16:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, MAGELANG — Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Tengah, Senin (5/11/2018), meresmikan operasional pojok baca atau BI Corner di Perpustakaan Universitas Tidar, Magelang, Jawa Tengah.

Peresmian BI Corner ke-13 untuk wilayah Jateng ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara BI dan Universitas Tidar Magelang. Penandatanganan tersebut dilakukan Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng, Hamid Ponco Wibowo, dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Tidar Magelang, Bambang Kuncoro.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng, Hamid Ponco Wibowo, mengatakan program BI Corner tersebut guna mendukung dan memperkuat pemahaman masyarakat tentang keberadaan dan peran Bank Indonesia, sekaligus mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan melalui penyediaan koleksi buku berkualitas di masyarakat. Termasuk juga, di lembaga pendidikan tingkat sekolah menengah atas hingga perguruan tinggi.

"Melalui BI Corner ini para mahasiswa dapat mengakses dan memperoleh informasi dari 315 buku yang merupakan literatur terkini yang berkualitas, terutama di bidang ekonomi dan keuangan. Tentu keberadaan BI Corner juga dapat dimanfaatkan oleh para dosen dan masyarakat lainnya," kata Hamid.

Dikatakan, jika sebagian masyarakat masih enggan untuk berkunjung ke perpustakaan BI dengan berbagai kendala, keberadaan BI Corner di berbagai lokasi ini dapat dimanfaatkan sebagai perpanjangan tangan dari perpustakaan khusus yang dimiliki oleh setiap Kantor Perwakilan Bank Indonesia, dalam hal ini Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah. "Melalui BI Corner ini bisa memesan buku yang ada di perpustakaan Kantor Bank Indonesia Provinsi Jateng secara online dengan program aplikasi pustaka online," ucapnya.

Ditambahkan, dengan desain dan fasilitas yang memadai dan koleksi pustaka yang berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri, serta adanya kegiatan-kegiatan yang mengundang partisipasi, Hamid berharap BI Corner ini dapat lebih menarik minat untuk dikunjungi. "Melalui skema hibah terprogram, penerima manfaat diharapkan dapat merawat dan menambah koleksi pustaka yang telah disediakan sehingga mampu bermanfaat secara optimal bagi para mahasiswa, serta dapat melanjutkan program-program kegiatan yang telah diinisiasi oleh Bank Indonesia," ujarnya.

BI Corner tersebut, lanjutnya ke depan diharapkan bisa hadir di setiap jenjang pendidikan dan perpustakaan daerah terpilih, serta beberapa sarana publik strategis dalam rangka mendukung Program Sosial Bank Indonesia “Indonesia Cerdas”. Sejak tahun 2015 hingga tahun 2018, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah telah mendirikan 13 BI Corner di Semarang dan sekitarnya yang terdiri dari 10 BI Corner perguruan tinggi dan 3 BI Corner sekolah.

BI Corner tersebut ditempatkan di Universitas Diponegoro, Universitas Sultan Agung, UIN Walisongo Semarang, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, IAIN Salatiga, Politeknik Negeri Semarang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Stikubank, Universitas Tidar, SMA Negeri 3 Semarang, SMA Negeri 1 Demak, STAI Al Anwar (Rembang), SMA Negeri 1 Kudus, dan Universitas Tidar (Magelang).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis