Duh, Atap Stadion Wergu Kudus Rontok Menimpa Pengguna Jalan

Atap bangunan Stadion Wergu Kudus roboh dan menutupi akses Jl. Raya Wergu Wetan, Kudus, Jateng, Selasa (6/11 - 2018). (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)
06 November 2018 18:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, KUDUS — Atap Stadion Wergu Kudus, Jawa Tengah, Selasa (6/11/2018), roboh setelah diterjang angin kencang yang menyertai hujan deras. Padahal, Senin (5/11/2018), Bupati Kudus Muhammad Tamzil sudah mengingatkan perlunya evaluasi terhadap pembangunan Stadion Wergu Kudus karena ada beberapa bagian bangunan yang perlu dibenahi demi keamanan.

Rontoknya atap stadion itu mengakibatkan akses jalan di lokasi stadion tertutup reruntuhan material atap. Menurut Sokib, salah seorang pekerja bangunan, robohnya atap bangunan Stadion Wergu Kudus yang baru dibangun itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Saat kejadian, katanya, sedang hujan deras disertai angin kencang.

Angin kencang, kata dia, tiba-tiba menerpa atap bangunan yang baru dalam pengerjaan, kemudian atap bangunan terangkat, lalu jatuh di Jl. Raya Wergu Wetan. Rontoknya atap bangunan, kata dia, terjadi bersamaan dengan selesainya aktivitas pekerjaan sehingga mayoritas pekerja sudah siap-siap pulang.

Tiga mobil dan satu sepeda motor tertimpa atap bangunan stadion, sedangkan satu unit sepeda motor yang terparkir di tepi Jl. Stadion Wergu Wetan juga rusak parah akibat tertimpa batang bohon yang tumbang akibat tertimpa atap bangunan stadion yang terbuat dari besi itu. Dari tiga mobil yang tertimpa, satu di antaranya merupakan milik Bawaslu Kudus yang sedang melintas.

Beruntung, meski sempat tertimpa atap stadion, semua penumpang mobil dinyatakan selamat. Demikian halnya dengan mobil Toyota Kijang yang juga tertimpa atap saat melintas di jalan itu. Pengemudianya juga diklaim selamat setelah mendapat pertolongan dari pekerja yang kebetulan berada tak jauh dari lokasi kejadian.

Kusmianto, pemilik mobil Kijang yang tertimpa atap bangunan stadion, mengakui saat kejadian dirinya memang tengah melintasi Jl. Wergu Wetan dari arah timur ke barat. "Saya berupaya menepikan mobil karena jalanan cukup gelap, tiba-tiba atap bangunan stadion diterpa angin kencang dan menimpa mobil yang saya kemudikan," ujarnya.

Beruntung dirinya tidak mengalami luka, namun mobilnya rusak karena tertimpa atap bangunan stadion. Salah seorang penumpang mobil Bawaslu Kudus ada yang masih menangis karena trauma setelah mobil yang ditumpanginya tertimpa atap bangunan stadion yang roboh.

Bangunan Stadion Wergu Kudus tersebut baru saja diinspeksi Bupati Kudus Muhammad Tamzil pada Senin sore. Tamzil sempat mengingatkan kepada pelaksana pembangunan terkait besi pengaman penonton yang dinilai tidak aman karena kurang kuat.

Pelaksana pembangunan Stadion Wergu Kudus dengan anggaran senilai Rp22 miliar itu, menurut kontraktornya, telah membangun sesuai perencanaan. Pemasangan besi pengaman, dinyatakannya juga telah sesuai rencana awal.

Progres pembangunan sebelumnya mencapai 93,46%. Namun, dengan adanya insiden rontoknya atap tersebut kemungkinan tidak bisa tuntas pada akhir November 2018. Seluruh atap bangunan stadion sisi utara rusak akibat terembus angin.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara