Pemkot Semarang Kebut Perbaikan Drainase

Ilustrasi perbaikan drainase di Kota Semarang. (dok. Solopos.com)
07 November 2018 13:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mengebut proyek perbaikan drainase di sejumlah lokasi yang terletak di jalur protokol ibu kota Jawa Tengah (Jateng) tersebut. Proyek perbaikan saluran air itu ditarget selesai pada Desember nanti atau sebelum puncak musim penghujan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Semarang, Iswar Aminudin, mengatakan pengerjaan proyek drainase diprioritaskan pada jalan protocol yang kerap digenangi air saat hujan turun.

“Desember ini harus selesai semua. Selain saluran air, juga pedestrian di atasnya. Ada beberapa titik pekerjaan saluran yang diharapkan selesai bulan Desember, terutama yang rawan tergenang air,” ujar Iswar dalam keterangan resmi yang diterima Semarangpos.com, Selasa (6/11/2018).

Iswar menyebutkan beberapa lokasi yang saat ini pengerjaannya terus dikebut. Beberapa lokasi itu, antara lain di Jl. Supriyadi, Jl. Gajah, dan kawasan Simpang Lima. Kendati belum sepenuhnya selesai, di lokasi tersebut saat ini genangan air sudah mulai berkurang saat hujan deras tiba.

“Beberapa kali hujan, di Jl. Supriyadi dan Gajah tidak lagi terjadi genangan air seperti sebelumnya. Termasuk di Simpang Lima, beberapa kali hujan sudah tidak ada genangan air. Biasanya, walau hujan sebentar, sudah ada genangan,” klaim Iswar.

Iswar menambahkan program perbaikan drainase di sejumlah jalan di Kota Semarang dilakukan secara bertahap. Perbaikan drainase ini merupakan salah satu upaya Pemkot Semarang dalam mewujudkan Kota Semarang bebas banjir pada 2019.

Terlebih lagi saat ini, beberapa proyek revitalisasi dan normalisasi juga tengah digencarkan di sejumlah sungai di Kota Semarang, seperti Kali Tenggang, Kali Sringin, dan Kanal Banjir Timur atau yang populer disebut Sungai Banjir Kanal Timur (BKT).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya