Mantan Bupati Semarang Segera Diadili dalam Kasus Pelanggaran Pemilu

Ilustrasi pengadilan. (Reuters)
07 November 2018 14:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Mantan Bupati Semarang Siti Ambar Fathonah segera diadili atas dugaan pelanggaran pidana pemilihan umum di Pengadilan Negeri Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Ketua Bawaslu Jawa Tengah Fajar Subhi A.K.A. mengatakan berkas perkara dugaan politik uang yang menjerat calon anggota DPRD Jateng dari Partai Golkar tersebut sudah dilimpahkan ke pengadilan. "Sudah dilimpahkan, tinggal menunggu jadwal sidangnya," katanya di Kota Semarang, Jateng, Selasa (6/11/2018).

Menurut dia, kasus dugaan pelanggaran pemilu termasuk dalam kategori pidana cepat dengan batas waktu tertentu harus segera diputus. Kasus tersebut, kata dia, berbeda dengan kasus pidana pemilu saat Pilkada 2018 lalu yang terjadi di Kendal dan Temanggung.

Pada kasus kali ini, lanjut dia, yang dijerat pidana merupakan caleg sebagai pelaku langsung dalam dugaan politik uang. Bawaslu sendiri, menurut dia, belum memiliki bayangan rekomendasi atas hasil putusan sidang nanti.

"Kami lihat dulu nanti putusan pengadilan sebelum memberikan rekomendasi ke KPU berkaitan dengan caleg yang bersangkutan," katanya.

Sebelumnya, Siti Ambar Fathonah diduga memberikan sejumlah uang saat pelaksanaan pergelaran wayang di Desa Pakopen, Kabupaten Ungaran, pada 23 September 2018. Dalam kesempatan itu, politikus Partai Golkar itu meminta masyarakat memilih dirinya saat pemungutan suara Pemilu 2019 pada 17 April, sambil memberikan sejumlah uang kepada pelaksana kegiatan wayangan.

Perbuatan Ambar tersebut diduga melanggar UU No. 7/2017 tentang Pemilihan Umum.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara