Kalah Tipis dari Borneo FC, PSIS Semarang Terancam Turun ke Papan Bawah

Ilustrasi pemain PSIS Semarang. (Instagram silva_bruno91)
10 November 2018 17:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — PSIS Semarang gagal mencuri poin saat bertamu ke markas Borneo FC pada laga Liga 1 di Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (10/11/2018). Skuat berjuluk Mahesa Jenar itu takluk dengan skor tipis 1-2.

Berkat kekalahan ini PSIS Semarang pun untuk sementara tertahan di urutan ke-11 dengan torehan 39 poin. Namun, posisi PSIS Semarang terancam turun ke papan bawah jika pada laga lainnya, Persebaya Surabaya maupun Arema FC, yang berada di bawahnya, mampu mengalahkan lawan-lawannya.

Persebaya dan Arema saat ini berada di urutan ke-12 dan 13, dengan torehan 38 poin atau tertinggal satu poin dari PSIS Semarang. Meski demikian, kedua tim asal Jawa Timur (Jatim) itu memiliki sisa satu laga lebih banyak dibanding PSIS Semarang.

Dalam laga yang disiarkan secara langsung melalui streaming Vidio.com, PSIS Semarang tampil kurang greget di babak pertama. Skuat besutan Jafri Sastra itu bahkan sudah kebobolan dua gol saat laga baru memasukki babak ke-17.

Dua gol Borneo FC masing-masing dilesakkan Billy Keraf pada menit ke-13 dan Lerby Eliandy pada menit ke-17. Billy menjebol gawang PSIS Semarang melalui tendangan dari luar kotak penalti, sedangkan Lerby melalui tandukannya setelah memanfaatkan assist Titus Bonai.

Di babak kedua, PSIS Semarang mulai bangkit untuk mengejar ketertinggalan. Berbagai skema penyerangan pun dilancarkan Pasukan Mahesa Jenar, yang kali ini tampil tanpa beberapa pemain pilar seperti gelandang Sierra Leon, Ibrahim Conteh, dan kiper Jandia Eka Putra.

Namun, penyelesaian akhir Hari Nur Yulianto dkk. masih sangat lemah. Beberapa kali peluang, seperti dari Bayu Nugroho, maupun Komarudin, pun gagal berbuah apik.

Di sisi lain, Borneo FC terus mengancam gawang PSIS Semarang. Bahkan, skuat berjuluk Pesut Etam itu sebenarnya mampu mencetak gol lagi melalui Matias Conti. Namun, gol striker asal Argentina itu dianulir wasit karena dianggap telah berdiri offside sebelum meneruskan bola muntahan dari sepakan Titus Bonai pada menit-70.

Pada menit ke-86, PSIS Semarang akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan melalui Bruno Silva. Striker berkepala plontos itu menceploskan gol ke gawang Borneo FC yang dijaga Enando setelah menerima umpan datar Bayu Nugroho.

Namun, gol Bruno itu tak mampu menyelamatkan PSIS Semarang dari kekalahan. Skuat kebanggaan masyarakat Semarang itu pun harus menerima kenyataan kalah pada laga ke-30 di Liga 1 musim ini.

Bagi Borneo FC kemenangan atas PSIS Semarang memiliki arti penting. Berkat kemenangan itu, posisi Borneo FC untuk sementara naik satu tingkat ke urutan enam, menggeser Madura United, dengan torehan 45 poin.

Susunan pemain

Borneo FC (4-4-2)
Nadeo; Dieogo Michels, Leo, Wildan, Edy; Wahyudi, Belaid, Billy, Tibo; Matias, Lerby
Pelatih: Dejan Antonic

PSIS Semarang (4-3-3)
Joko Ribowo; Gilang Ginarsa, Petar Planic, Haudi Abdillah, Safrudin; Alom, Bayu Nugroho, Hapit Ibrahim; Hari Nur, Bruno Silva, Frendi Saputra
Pelatih: Jafri Sastra

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya