Polda Jateng Kawal Proyek Transmisi Tegangan Tinggi

Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono dan General Manajer PT PLN Unit Induk Pembangunan Jateng Bagian Tengah II Eko Priyantono Aviantoro menandatangani kerja sama pengawalan proyek transmisi SUTET di Kota Semarang, Jateng, Selasa (13/11 - 2018). (Antara/I.C.Senjaya)
14 November 2018 08:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — PT PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Tengah Bagian Tengah II menggandeng Polda Jawa Tengah untuk mengamankan pelaksanaan proyek pembangunan jaringan transmisi saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) dari provinsi setempat ke wilayah Jawa Barat.

General Manajer PT PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Tengah Bagian Tengah II Eko Priyantono Aviantoro saat penandatangan kerja sama dengan Polda Jawa Tengah di Semarang, Selasa (13/11/2018), mengatakan pembangunan transmisi saluran udara tegangan tinggi dan tegangan ekstra tinggi melintang sepanjang 596 km dari PLTU Tanjung Jati di Kabupaten Jepara menuju Cikarang di Jawa Barat.

"Proyek lintas provinsi ini memiliki cukup banyak potensi kerawanan sosial dan keamanan," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, butuh dukungan dari Polda Jateng dalam upaya penganan dan penegakan hukum di lingkungan kerja proyek ini. Sementara itu, Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono menyebut pembangunan transmisi listrik tegangan tinggi ini sebagai bagian dari proyek vital negara.

"Kalau terganggu tentu akan mengganggu perekonomian juga," katanya.

Ia juga mengakui munculnya resistensi masyarakat atas keberadaan proyek tersebut. Ia mencontohkan masih adanya permasalahan penolakan dalam pengadaan lahan di wilayah Jepara. "Ada potensi konflik. Di sini salah satu tugas polri, tidak hanya penegakan hukum namun juga prefentif," katanya.

Ia menyebut unsur pembinaan masyarakat (binmas) dan pengendalian massa akan diikutsertakan dalam menjamin kelancaran proyek tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara