4 Puskesmas Kudus Disiapkan Jadi Rumah Sakit

Bupati Kudus Muhammad Tamzil memimpin upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Lapangan Rendeng Kudus, Senin (12/11 - 2018). (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)
15 November 2018 03:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, KUDUS — Pemerintah Kabupaten Kudus siap memfasilitasi kenaikan kelas empat pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kudus menjadi rumah sakit tipe D. Komitmen itu dikemukakan Bupati Kudus Muhammad Tamzil di sela-sela peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Lapangan Rendeng Kudus, Jawa Tengah, Senin (12/11/2018).

"Keempat Puskesmas tersebut, yakni Puskesmas Undaan, Kaliwungu, Jekulo dan Rejosari," ujarnya.

Ia mengatakan dari empat puskesmas tersebut nantinya akan dijadikan tujuan masyarakat untuk mendapat pelayanan kesehatan.  Demi merealisasikannya, kata dia, bisa dimulai dari dua puskesmas, seperti Puskesmas Kaliwungu dan Jekulo. Setelah keduanya direalisasikan, selanjutnya menyusul tahapan naik kelas untuk Puskesmas Undaan dan Rejosari.

Langkah meniakkan kelas puskesmas itu, lanjut dia, sebagai salah satu komitmen Pemkab Kudus dalam memajukan kesehatan.  Di antaranya dengan meningkatkan fasilitas kesehatan yang tersedia, salah satunya melalui peningkatan fasilitas puskesmas. "Kami menginginkan masyarakat yang berobat mendapatkan pelayanan yang mudah," ujarnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus (DKK), puskesmas di Kabupaten Kudus berjumlah 19 puskesmas yang tersebar di sembilan kecamatan. Di antaranya Kecamatan Kota, Kaliwungu, Jekulo, Jati, Mejobo, Undaan, Gebog, Dawe, dan Bae.

Meskipun berstatus puskesmas, sebagian besar sudah memiliki layanan rawat inap dan bangunan yang cukup baik dibandingkan dengan bangunan sebelumnya. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No. 75/2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat memang diperbolehkan Puskesmas ditingkatkan menjadi rumah sakit.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara