Inilah Jumlah Peserta Tes CPNS Pemprov Jateng yang Lolos SKD…

Ilustrasi tes CPNS. (dok. Solopos/Antara)
16 November 2018 06:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menyebutkan hanya sekitar 7-8% peserta tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di lingkungan Pemprov Jateng yang dinyatakan lolos.

Hal itu diungkapkan Kepala BKD Jateng, M. Arief Irwanto, kepada Semarangpos.com, Kamis (15/11/2018). Arief menyebutkan dari 40.229 peserta tahap SKD CPNS di lingkungan Pemprov Jateng hanya sekitar 7-8% atau sekitar 3.200 orang yang nilainya melebihi ambang batas (passing grade).

“Sebenarnya belum dinyatakan lolos. Hanya nilai SKD melebih PG [passing grade]. Mereka yang nilainya melebih PG akan menjalani tahap berikut,” ujar Arief.

Arief menyebutkan total ada sekitar 56.000 pelamar CPNS di lingkungan Pemprov Jateng. Namun, dari jumlah sebanyak itu hanya sekitar 41.477 pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Dari sekian banyak pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi itu, hanya sekitar 40.229 yang mengikuti tahap SKD melalui computer assisted tes (CAT).

Sementara itu, kuota CPNS yang dibutuhkan Pemprov Jateng tahun ini sekitar 1.926 orang. Mereka akan ditempatkan di berbagai formasi, yakni 864 tenaga pendidikan, 803 tenaga kesehatan, dan 256 posisi tenaga teknis.

Disinggung mengenai rumor bakal diturunkannya nilai ambang batas dalam SKD mengingat banyaknya peserta yang tidak lolos, Arief membantah. Ia menilai passing grade yang ditetapkan dalam seleksi CPNS kali ini sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (PAN-RB) No. 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi CPNS.

“Jadi kemungkinannya kecil sekali kalau diturunkan. Sesuai pernyataan Kepala BKN, nilai ambang batas tahun ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya,” ujar Arief.

SKD dalam penerimaan CPNS 2018 meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). TWK nilai ambang batasnya mencapai 75, sedangkan TIU 80, dan TKP 143 untuk jalur umum dan 85 untuk jalur khusus.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya