Bekas Menwa Semarang Ramai-Ramai Tanam Mangrove di Demak

DKP IARMI Semarang menggandeng para anggota aktif menwa dari sejumlah perguruan tinggi di Semarang melakukan penanaman 2.000 bibit mangrove di kawasan pantai utara Desa Timbulsloko, Sayung, Demak, Jateng, Minggu (25/11 - 2018). (Antara/DKP IARMI Semarang)
26 November 2018 14:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, DEMAK Dewan Pimpinan Kota Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (DPK IARMI) Kota Semarang, Minggu (25/11/2018), menggandeng para anggota aktif menwa dari sejumlah perguruan tinggi di Semarang melakukan penanaman 2.000 bibit mangrove di kawasan pantai utara Desa Timbulsloko, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Ketua DPK IARMI Kota Semarang Nur Rochaeti mengatakan penanaman mangrove itu dilakukan guna mencegah erosi dan abrasi. Kegiatan ramai-ramai menanam mangrove itu merupakan bagian dari acara peringatan Hari Pahlawan 2018 yang diselenggarakan Panitia Gema Cita Juang Para Pahlawan DPK IARMI Semarang.

Kegiatan tersebut, lanjut Nur Rochaeti, sebagai wujud pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. "Penanaman mangrove oleh DPK IARMI Semarang bersama anggota menwa merupakan public education bagi masyarakat terhadap pelestarian lingkungan pantai," kata Eti—sapaan pakar hukum pidana dan kriminologi itu.

IARMI bersama anggota menwa, sambungnya, juga melaksanakan salah satu Tridarma Perguruan Tinggi dalam kegiatan pengabdian masyarakat sebagai kontribusi aktif dalam pembangunan. "Anggota IARMI bersama anggota menwa secara langsung berpartisipasi dalam pembangunan di wilayah pantai utara [Pulau Jawa]," kata Eti yang juga dosen Program Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang itu.

Mereka yang melakukan penanaman mangrove di Desa Timbulsloko atau sekitar 24,7 km dari Kota Semarang, antara lain pengurus dan anggota IARMI, serta sekitar 100 personel anggota satuan menwa dari perguruan tinggi, seperti Satuan 901/PD Universitas Diponegoro, Akpelni, UPGRIS, Unnes, dan Politeknik Negeri Semarang (Polines).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara