Jumlah CPNS Lolos SKD di Kudus Bertambah

Ratusan orang mengikuti tes seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). (Antara)
28 November 2018 13:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, KUDUS — Jumlah peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang dinyatakan lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) bertambah menjadi 985 peserta dari jumlah sebelumnya hanya 162 peserta.

"Berdasarkan ketentuan nilai ambang batas, maka peserta seleksi CPNS yang bisa mengikuti tahap seleksi kompetensi bidang [SKB] hanya 162 peserta," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kudus Yuliono Tri Nugroho di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (27/11/2018).

Namun, lanjut dia, adanya peraturan baru dari pemerintah pusat yang memberlakukan sistem ranking bagi peserta yang sebelumnya tidak memenuhi nilai ambang batas, maka jumlahnya bertambah menjadi 985 peserta. Dengan demikian, kata dia, jumlah peserta yang bisa mengikuti tahap SKB bertambah.

Perhitungan sistem rangking, katanya, dilakukan langsung oleh panitia seleksi nasional (panselnas) lewat aplikasi khusus dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Kendati jumlah kelolosan sudah diketahui, akan tetapi Pemkab Kudus hingga saat ini belum mendapatkan rincian nama-nama peserta yang lolos.

"Kami hanya mengetahui jumlahnya, sedangkan rincian nama dan formasi belum diinformasikan," ujarnya.

Apabila mendapatkan informasi, katanya, Pemkab Kudus akan segera mengumumkannya sehingga para peserta dapat melakukan persiapan untuk tahap SKB. Ia mengatakan, tahapan tersebut menjadi krusial lantaran bobot nilai kelulusan mencapai 60%, sedangkan SKD hanya 40%.

Apabila tidak ada perubahan, katanya, pelaksanaan SKB dijadwalkan pada 4-10 Desember 2018. Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, jumlah peserta seleksi CPNS Kudus berjumlah 4.333 peserta, sedangkan formasi yang disediakan sebanyak 438 formasi.

Dari ratusan formasi tersebut, formasi untuk tenaga honorer kategori II sebanyak 29 orang, formasi umum 409 orang. Formasi umum, terbagi atas 362 guru dan 35 tenaga kesehatan serta 12 tenaga teknis.

Ribuan peserta seleksi CPNS tersebut sebelumnya mengikuti tes SKD selama dua hari, yakni Sabtu (10/11/2018) dan Minggu (11/11/2018) di GOR Wujil Pandanaran, Kabupaten Semarang. Dari sebanyak 4.333 peserta yang seharusnya mengikuti seleksi tes CPNS tahap pertama, terdapat 102 orang tidak hadir untuk mengikuti tes SKD.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara