DPR Soroti Permasalahan DPT Pemilu di Jateng

Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali. (Antara/Wisnu Adhi)
28 November 2018 17:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Komisi II DPR menyoroti masih adanya permasalahan terkait dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum 2019 di Provinsi Jawa Tengah.

"Secara nasional termasuk Jateng masih ada masalah yang belum diselesaikan, yaitu terkait DPT, serta hak memilih bagi warga yang belum mempunyai identitas e-KTP sebagai tanda atau syarat WNI menyalurkan hak pilihnya," kata Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali di sela-sela memimpin kunjungan kerja spesifik di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Kota Semarang, Jateng, Selasa (27/11/2018).

Ia menjelaskan kunjungan kerja spesifik Komisi II DPR RI tersebut untuk memantau sekaligus meninjau langsung persiapan dan kesiapan Jateng melaksanakan Pemilu 2019, termasuk hal-hal yang masih menjadi kendala, kekurangan, dan perlu dukungan dari beberapa pihak. Menurut dia, meskipun sudah siap, tapi masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan disempurnakan misalnya, tentang daftar pemilih yang berbasis KTP elektronik yang sudah menjadi ketentuan karena perkembangan jumlah warga yang berhak memilih sangat dinamis dan terus bergerak.

Oleh karena itu, Pemprov Jateng, khususnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil harus cepat memperbaiki dan memperbarui data kependudukan yang wajib memilih. "Tolong diperbaiki, di-update sesuai perkembangan terakhir karena sebentar lagi 2018 akan berakhir," ujarnya.

Selain DPT, DPR juga menyoroti sosialisasi tahapan pemilu dan peraturan pemasangan alat peraga kampanye juga tidak kalah penting disampaikan kepada masyarakat sebab tidak sedikit warga yang belum beralih dari pemilihan kepala daerah yang? diselenggarakan beberapa waktu lalu. Dengan arti lain, ada beberapa perbedaan aturan-aturan pemilu, baik Pemilu Anggota Legislatif maupun Pemilihan Presiden.

"Terlebih Jateng termasuk provinsi dengan jumlah pemilih banyak serta wilayah luas, tidak kalah penting adalah terkait keamanan serta potensi kerawanan-kerawanan tolong keamanan atau kerawanan tolong disampaikan kepada kami," katanya.

Kunjungan kerja yang dipimpin Zaenudin beserta sejumlah anggota Komisi II DPR RI itu dalam rangka persiapan dan kesiapan Pemilu 2018. Rombongan ditemui oleh Sekda Jateng Sri Puryono dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Yulianto Sudrajat, Ketua Badan Pengawas Pemilu Jateng Fajar Subhi, beserta SKPD dan instansi terkait lainnya di Ruang Rapat Lantai II Kantor Gubernur Jateng.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara