PLN & Kodam IV Diponegoro Tanam 1.000 Pohon di Semarang

Suasana penanaman 1.000 pohon oleh PLN UID Jateng-DIY dan Kodam Diponegoro di Semarang, Rabu (28/11 - 2018). (Semarangpos.com/Humas PLN Jateng/DIY)
29 November 2018 06:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh pada Rabu (28/11/2018), PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggandeng Kodam IV Diponegoro melakukan penanaman 1.000 pohon. Ribuan pohon berbagai jenis itu ditanam di Medan Latihan Drill dan TIS Kodam IV Diponegoro, Tembalang, Semarang.

Acara penanaman pohon dihadiri oleh General Manager PLN UID Jateng & DIY, Agung Nugraha, General Manager PLN UIP JBT II, Eko Priyantono Aviantoro, Kapok Sahli Kodam IV/Diponegoro, Kolonel Infanteri Ida Bagus Ketut Surya Wedana, serta jajaran forkompimda lainnya.

Rangkaian acara diawali dengan apel bersama, yang dipimpin oleh General Manager PLN UID Jateng & DIY, dilanjutkan penyerahan bibit pohon secara simbolis kepada perwakilan TNI dan PLN.

Dalam sambutannya, Agung menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kodam IV/Diponegoro, yang turut mendukung Program Penanaman 1.000 Pohon, dengan memanfaatkan lahan kritis.

"Melalui kerja sama ini diharapkan dapat tercipta sinergi antara PLN dengan stakeholder," kata Agung dalam keterangan pers yang diterima Semarangpos.com, Rabu.

Menurut Agung, pada HMPI tahun ini, masing-masing PLN UID ditarget menanam 1.000 pohon, dengan jenis tanaman produktif, dapat melestarikan alam, melestarikan tanaman lokal dan mengurangi pencemaran.

"Pada kesempatan kali ini, dilakukan penanaman empat jenis pohon buah, yakni pohon durian, pohon mangga, pohon alpukat dan pohon nangka, masing masing sebanyak 200 pohon. Selain itu juga ada pohon kayu jati dan trembesi, masing masing sebanyak 100 pohon," ungkapnya.

Agung menegaskan program ini tentunya tidak akan berhasil tanpa dukungan dari kita semua. Oleh karena itu, untuk menjaga keberlanjutan program ini, PLN memohon dukungan dari semua pihak dalam menanamkan kesadaran akan pentingnya menanam pohon, serta menumbuhkan rasa memiliki, dan keinginan menjaga pepohonan yang ada di sekitar.

Sementara itu, Program Penanaman 1.000 Pohon ini secara serempak juga dilakukan oleh seluruh Unit Induk PLN di seluruh Indonesia. Adapun secara nasional, jumlah pohon yang ditanam sebanyak 22.000 buah.

Total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 22.000 pohon itu mencapai Rp3,19 miliar. Dana sebesar itu, selain untuk penanaman juga digunakan untuk pemeliharaan pohon agar tumbuh dengan baik.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya