Kereta Komuter Joglosemarkerto Meluncur!

Ilustrasi kereta api. (Antara/Raisan Al Farisi)
30 November 2018 22:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia (Persero) serius memperkuat interkoneksi antarkota di Jawa Tengah dengan meluncurkan Kereta Api Komuter Joglosemarkerto. Kereta komuter Joglosemarkerto itu bakal melintasi beberapa kota, yakni Semarang- Solo-Jogja-Kroya-Purwokerto-Tegal-Pekalongan dengan total jarak tempuh dalam mengelilingi jalur besi di wilayah Jateng itu 579 km.

Kereta Api Komuter Joglosemarkerto dijadwalkan diluncurkan pada Sabtu (1/12/2018). Peluncuran tersebut sekaligus mendukung program peningkatan kunjungan wisata dari Provinsi Jateng. 

Di sisi lain, guna mendukung operasional KA Joglosemarkerto, KAI telah menyiapkan tiga rangkaian kereta api yang masing-masing terdiri atas dua kereta eksekutif dengan kapasitas 100 tempat duduk dan tujuh kereta kelas ekonomi dengan kapasitas 560 tempat duduk. Secara keseluruhan, KA Joglosemarkerto mempunyai kapasitas 660 tempat duduk dalam setiap perjalanannya.
 
"Nantinya, setiap hari, terdapat tiga titik pemberangkatan awal untuk KA Joglosemarkerto, yaitu dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 06.15 WIB, Stasiun Solo Balapan pada pukul 06.00 WIB, dan Stasiun Purwokerto pada pukul 05.00 WIB. Diharapkan kehadiran dari tiga rangkaian kereta api ini bisa memenuhi kebutuhan transportasi warga Jateng untuk koridor penghubung di kota-kota sekitar provinsi ini," jelas Executive Vice President PT KAI Daop 4 Semarang Yosita, Jumat (30/11/2018).
 
Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro menjelaskan tarif KA Joglosemarkerto terbagi dalam berbagai macam golongan. Nilainya disesuaikan dengan jarak tempuh dan jenis layanan kereta, yakni eksekutif atau ekonomi.

Dalam masa perkenalan, KAI memberikan diskon khusus sebesar 10 %. Tiket bisa dipesan melalui saluran eksternal penjualan tiket KA, maupun via aplikasi KAI Access dari ponsel. "Dengan dibukanya relasi baru, KA Joglosemarkerto memberikan pilihan konektivitas relasi-relasi tujuan bepergian masyarakat Semarang, Solo, Jogja, Purwokerto, Tegal dan sekitarnya, sehingga diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan wisata di daerah-daerah tersebut," ujarnya.

Edi optimistis kehadiran KA Joglosemarkerto bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan agar waktu tinggal kunjungan selama di Jateng bisa menjadi lebih lama. Pasalnya, para wisatawan bisa berkeliling ke kota-kota destinasi wisata seperti Semarang yang memiliki destinasi wisata Lawangsewu, Purwokerto dengan kawasan Baturaden, Jogja yang memiliki keraton, dan kota-kota lainnya.

Dengan semakin banyaknya wisatawan yang membelanjakan uang di Jateng, roda perekonomian diharapkan meningkat. Selain itu, dengan semakin banyaknya alternatif transportasi penghubung di provinsi tersebut, minat investor untuk berinvestasi bisa meningkat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis