Perayaan Hari Juang Kartika Terpusat di Ambarawa, Ini Sederet Kegiatannya…

Seorang bocah laki-laki naik di atas kendaraan tempur yang dipamerkan dalam Pameran Alutsista TNI AD di Lapangan Pangsar Jenderal Soedirman, Ambrawa, Kabupaten Semarang, Sabtu (8/12 - 2018). (Semarangpos.com/Pendam Diponegoro)
09 Desember 2018 06:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, AMBARAWA — Perayaan Hari Juang Kartika (HJK) 2018 akan dipusatkan di Ambarawa, Kabupaten Semarang, Sabtu (15/12/2018). Sederet perayaan menyambut hari lahirnya TNI AD itu pun telah disiapkan Kodam IV Diponegoro sebagai panitai penyelenggara.

Kapendam IV Diponegoro, Kolonel Arh. Zainudin, mengatakatan untuk menyambut peringatan HJK 2018, pihaknya bahkan sudah menyiapkan sederet acara yang digelar sepekan sebelum perayaan atau Jumat (7/12/2018). Sederet acara itu mulai dari Pameran Alutsista, Festival Band, hingga Fun Bike, Fun Walk, dan Fun Aerobic, yang melibatkan masyarakat dari berbagai kalangan.

Zainudin menyebutkan HJK 2018 dirayakan peringatan atas keberhasilan Tentara Kemerdekaan Rakyat (TKR) pimpinan Jenderal Soedirman dalam merebut Jawa Tengah (Jateng) dari tangan Belanda pada 15 Desember 1945.

"Kini, menjelang peringatan peristiwa yang sangat heroik tersebut, mulai hari Jumat kami telah menggelar Pameran Alutsista TNI AD di lapangan Panglima Besar [Pangsa] Jenderal Soedirman, Ambarawa,” ujar Zainudin dalam pesan singkat kepada Semarangpos.com, Sabtu (8/12/2018).

Sementara untuk puncak peringatan HJK 2018, akan dilaksanakan upacara yang dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa, di Ambarawa.

“Berbagai atraksi akan ditampilkan dalam puncak peringatan itu, seperti terjun payung, flypass helly, marching band Taruna Akmil, dan berbagai atraksi lainnya,” imbuh Zainudin.

Sementara itu, Pameran Alutsista di Lapangan Pangsar Jenderal Soedirman, Ambarawa, disambut antusiasme masyarakat. Lapangan yang sejatinya merupakan lapangan olahraga itu kini berubah layaknya pangkalan satuan perang yang dipenuhi masyarakat dari berbagai usia.

Mereka melihat-lihat berbagai peralatan canggih militer mulai dari Helikopter Apache, Rudal Starstrek, tank, Panser Anoa buatan PT Pindad, meriam artileri, hingga kendaraan tempur lain. Sambil melihat, beberapa orang warga pun mengabadikan momen itu dengan melakukan swafoto.

“Silakan, siapapun boleh datang dan saksikan langsung. Apapun yang TNI AD miliki, semuanya milik rakyat. Kita (Prajurit) hanyalah pengemban amanah rakyat untuk mengoperasionalkan Alutsista tersebut, guna  mempertahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI” ujar alumnus Akmil tahun 1996 itu.

Pameran Alutsista TNI AD di Lapngan Pangsar Jenderal Soedirman, Ambarawa, Kabupaten Semarang, ini rencana berlangsung hingga Senin (10/12/2018).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya