Listrik di Semarang Kerap Padam, Ini Penyebabnya…

Ilustrasi pemadaman listrik. (Matookerepublic.com)
10 Desember 2018 06:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pelayanan listrik di Kota Semarang dan sekitarnya kerap terganggu dalam beberapa pekan terakhir. Selama sepekan terakhir, sejak Senin-Sabtu (3-8/12/2018), tercatat tiga kali listrik di beberapa daerah di wilayah Semarang Raya padam,

Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang, Donny Adriansyah, menyebutkan ada beberapa faktor yang menyebabkan pemadaman listrik. Selain faktor internal, pemadaman listrik juga bisa disebabkan faktor eksternal.

“Penyebab padam bisa dikarenakan gangguan, seperti ular, tupai, burung, pohon, baliho, spanduk, layang-layang, serta kondisi cuaca ekstrem, yang menyentuh jaringan listrik. Akibatnya pelayanan listrik terganggu,” ujar Donny dalam keterangan resmi yang diterima Semarangpos.com, Sabtu (8/12/2018).

Donny mencontohkan pada Senin (3/12/2018), sejumlah wilayah di Kota Semarang mengalami pemadaman. Pemadaman itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

Hal itu disebabkan cuaca ekstrem yang menyebabkan sebuah pohon tumbang. Pohon itu menimpa jaringan listrik 20.000 volt hingga menyebabkan pemadaman di sejumlah wilayah.

“Mengetahui hal itu petugas langsung kami kerahkan untuk melakukan pengamanan dan percepatan pemulihan listrik. Alhamdulillah secara bertahap pada pukul 03.56 WIB [Selasa dini hari] pasokan listrik di Kota Semarang kembali pulih,” ujar Donny.

Selain faktor cuaca ekstrem, gangguan listrik juga kerap terjadi akibat hal-hal yang terbilang sepele, seperti cecak, tikus, burung, hingga tupai. Hewan-hewan itu kerap tersangkut pada peralatan jaringan hingga menyebakan ledakan dan rusak yang berakibat pada pemadaman listrik.

Data yang diperoleh Semarangpos.com dari PLN Distribusi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DJTY) menyebutkan gangguan pelayanan listrik di Semarang sepanjang 2018 lebih banyak dikarenakan faktor eksternal, yakni sekitar 65%. Dari jumlah itu, hampir sekitar 31% penyebabnya merupakan hewan.

“Sebagai pencegahan agar gangguan itu tidak terulang, kami senantiasa melakukan pemeliharaan jaringan listrik secara periodik dan terjadwal untuk menjaga keandalan peralatan,” imbuh Donny.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya