DPRD Jateng Minta Penanganan Bencana Sesuai Prioritas

Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi. (Antara/Wisnu Adhi N.)
26 April 2018 01:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG DPRD Jawa Tengah meminta agar penanganan warga terdampak bencana alam oleh pihak-pihak terkait disesuaikan dengan skala prioritas. Langkah yang terukur semacam itu dinilai penting agar penyaluran bantuan tidak tumpang tindih.

"Hal tersebut menjadi penting supaya tidak terjadi tumpang tindih dalam proses penanganan dan para korban menjadi cepat tertangani," kata Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi, di Kota Semarang, Selasa (24/4/2018).

Seruan menyesuaikan penanganan korban bencana alam di Jateng sesuai skala prioritas itu juga termasuk terkait pemulihan rumah dan bangunan fasilitas umum dan sekolah yang hancur akibat bencana. Rukma meminta dilakukannya koordinasi dengan baik antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah sehingga tidak tumpang tindih.

Terkait dengan penyaluran bantuan maupun penanganan korban terdampak bencana alam, politikus PDI Perjuangan itu menilai sudah berlangsung dengan baik. "Bantuan untuk para korban bencana alam pun mulai mengalir dan telah disalurkan dengan tepat," ujarnya.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah Hadi Santoso menyoroti kebencanaan dari sisi perbaikan infrastruktur pascabencana di sejumlah kabupaten/kota. "Kami minta pemerintah setempat segera melakukan langkah lanjutan terkait perbaikan infrastruktur pascabencana di Jateng," katanya.

Bencana alam tersebut, kata dia, menyebabkan akses mobilisasi masyarakat menjadi terputus sehingga pengguna jalan harus melintas jalur alternatif.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara