Legislator Klaim Kucuran Dana Parpol Kuatkan Sistem Perpolitikan

Uang tunai rupiah dalam amplop. (Antara)
05 Mei 2018 07:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Kalangan anggota DPRD Jawa Tengah mengklaim pemberian dana bantuan keuangan untuk partai politik dari pemerintah sangat membantu penguatan sistem perpolitikan di Indonesia. "Dengan adanya bantuan keuangan tersebut, parpol bisa memberikan pembelajaran politik kepada warga," kata Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jateng, Masruhan Samsurie, di Kota Semarang, Jateng, Kamis (3/5/2018).

Menurut dia, dana bantuan untuk parpol juga bisa dimanfaatkan untuk peningkatan fungsi parpol sendiri sehingga sangat diperlukan dengan catatan pengelolaannya dilakukan secara wajar, transparan dan akuntabel. Pengaturan bantuan keuangan parpol secara transparansi dan akuntabel sangat diperlukan untuk menjadikan dana bantuan parpol dikelola dengan baik dan sesuai aturan.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menyebutkan, sesuai aturan yang berlaku, maka dana bantuan parpol dapat digunakan untuk pendidikan politik dan operasional sekretariat partai. Sebagaimana fungsi parpol, kata dia, pendidikan politik dipergunakan untuk meningkatkan wawasan kepartaian bagi kader dan masyarakat secara umum. "Diharapkan penggunaannya bisa sesuai aturan, akuntabel dan transparan," ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara