Tol Batang-Semarang Dicek Komisi IV DPR, Apa Hasilnya?

Wakil Ketua Komisi IV DPR Dito Ganinduto di sela meninjau pembangunan ruas Tol Batang-Semarang di Semarang, Jumat (4/5 - 2018). (Antara/I.C.Senjaya)
05 Mei 2018 09:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Perkembangan pembangunan jalur jalan bebas hambatan Batang-Semarang yang diandalkan pemerintah untuk memfasilitasi para pemudik menjelang Lebaran 2018, Kamis (3/5/2018), dicek Komisi IV DPR. Titik pertemuan antara ruas jalan tol Batang-Semarang dan tol dalam Kota Semarang menjadi perhatian.

Wakil Ketua Komisi IV DPR Dito Ganinduto mengatakan penyelenggaraan arus mudik ini harus lebih nyaman dan cepat dibanding tahun sebelumnya karena jalan tol mulai Jakarta hingga Surabaya hampir tersambung. "Mobil akan lebih banyak yang masuk, jangan sampai terjadi antrean," katanya sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara, Jumat (4/5/2018).

Ia meminta penyelenggaraan arus mudik kali ini jangan sampai mengulang tragedi pintu keluar tol Brebes Timur. Penyelenggara jalan tol, lanjut dia, diminta untuk berkoordinasi dengan Pertamina untuk menyediaan BBM di ruas tol. "Pertamina siapkan BBM di rest area, kendaraan jangan sampai kehabisan BBM di dalam tol," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Aryani pembangunan ruas tol Batang-Semarang hingga saat ini sudah mencapai 70%. Hingga nanti saat penyelenggaraan arus mudik, ia optimistis ruas tol ini bisa difungsionalkan. "Maksudnya fungsional, satu lajur dua jalur digunakan satu arah," katanya.

Ia menjelaskan saat arus mudik jalan tol akan difungsikan satu arah dari barat, demikian pula saat arus balik. Ia meyakini ruas tol mulai Brebes-Pemalang hingga Batang-akan selesai untuk pengoperasian fungsional untuk melayani pemudik.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara