DPRD Semarang Tuntut Jaminan Ketersediaan Pangan

Pekerja beristirahat di atas tumpukan karung beras. (Antara/Sigid Kurniawan)
08 Mei 2018 01:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — DPRD Kota Semarang mengingatkan eksekutif pemerintahan setempat memastikan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat menjelang datangnya bulan Ramadan dan Hari Idul Fitri 1439 H. Kelangkaan barang hanya akan memicu kenaikan harga di pasaran di tengah meningkatnya kebutuhan masyarakat.

Pemkot Semarang, menurut Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Wiwin Subiyono wajib memantau persediaan harga kebutuhan pokok masyarakat, baik di pasar tradisional maupun toko-toko modern. “Pemkot juga harus memastikan stok pangan, mulai di gudang pemerintah atau Bulog, hingga persediaan di masyarakat,” katanya, Senin (7/5/2018).

Politikus Partai Demokrat ini menambahkan kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat yang biasa terjadi menjelang bulan puasa dan Lebaran harus diantisipasi sedini mungkin. Dengan demikian tidak sampai menimbulkan gejolak di masyarakat.

“Jaminan ketersediaan pokok masyarakat merupakan tanggung jawab pemerintah. Selain itu, pemerintah juga wajib menyiapkan langkah antisipasi jika terjadi kelangkaan, misalnya dengan operasi pasar,” papar Wiwin Subiyono.

Pengalaman yang selama ini terjadi, sambung dia, kenaikan harga terjadi karena kebutuhan masyarakat yang meningkat saat bulan puasa Ramadan dan Lebaran. Fenomena tersebut sudah lazim terjadi. Karena itu, tuturnya, Pemkot Semarang hendaknya melakukan antisipasi sehingga tidak sampai menimbulkan gejolak harga di pasaran.

“Kalaupun harga naik ya kenaikannya wajar, sehingga tidak membebani masyarakat atau menimbulkan inflasi yang tinggi,” tuturnya sebagaimana dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Semarang.

Sementara itu, ekonom asal Unissula Semarang, Agoes Sobari, mengatakan ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat memang sangat penting. Jangan sampai kelangkaan bahan kebutuhan pokok menimbulkan persoalan baru di masyarakat. “Pemerintah harus menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok saat puasa dan Lebaran ini,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis