Perbaikan Jalan di Batang Ditarget Selesai Sebelum Lebaran 2018

Pekerja memperbaiki jalan rusak. (Solopos/Nicolous Irawan)
10 Mei 2018 22:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, BATANG — Pemerintah Kabupaten Batang menargetkan perbaikan 10 ruas jalan di daerah setempat selesai sebelum Lebaran 2018. Target itu ditetapkan untuk memberikan jaminan kenyamanan berkendara kepada pemudik yang hendak berlebaran di kampung halaman.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Batang Ketut Mariadji mengatakan pemkab telah menyiapkan alokasi anggaran perbaikan 10 ruas jalan senilai Rp11 miliar. "Dana digelontor berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018. Oleh karena itu, kami targetkan 10 ruas jalan rusak itu dapat kembali mulus sebelum Lebaran 2018," katanya di Batang, Jawa Tengah, Jumat (4/5/2018).

Ia mengatakan pada tahapan pengerjaan jalan rusak itu, pada ruas Jl. Achmad Dahlan dan Jl. Lingkar Alun-Alun Batang sudah selesai. Selanjutnya, kata dia, perbaikan Jl. dr. Cipto Mangunkusumo, Jl. dr. Wahidin, Jl. dr. Sutomo, Jl. Gajah Mada, Jl. Seturi Klidang, Jl. Suprapto, Jl. Wachid Hasim, dan Jl. Depok Pantai Sigandu.

Pada program perbaikan jalan rusak itu, pemkab juga menerima dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp16,8 miliar untuk pembangunan tiga titik ruas jalan, yakni jalur jalan Pandansari-Warungasem yang diperkirakan mencapai Rp4,1 miliar, Jl. Letjen Soetoyo Rp5,1 miliar, dan Jembatan Prigi di Kecamatan Subah Rp7,6 miliar.

Dia mengatakan perbaikan jalan yang menggunakan anggaran DAK itu ditergetkan selesai sebulan setelah Lebaran mendatang. "Pada 2018 ini, kami memfokuskan pembangunan dan perbaikan jalan. Setelah itu, pada tahun depan atau 2019, program pembangunan lebih difokuskan pada perbaikan trotoar jalan," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara