Pemprov Jateng Persiapkan Kantung Parkir di Jalur Mudik

Petugas kepolisian mengatur lalu lintas kendaraan pemudik yang akan memasuki tol di pintu keluar tol Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (29/6 - 2018). (Antara/Harviyan Perdana Putra)
21 Mei 2018 02:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Perhubungan Jawa Tengah menyiapkan kantong parkir berupa rest area di sepanjang jalur mudik Lebaran 2018. Penyediaan kantong parkir itu didasarkan pada kesadaran bahwa para supir angkutan barang membutuhkan tempat beristirahat sepanjang masa angkutan mudik. Kantong-kantong parkir itu diharapkan mampu mengurangi angka kemacetan akibat truk yang berjalan lambat.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Tengah (Jateng) Satriyo Hidayat mengatakan pihaknya sedang berupaya ekstra keras dalam menyiapkan rest area di setiap titik ruas jalur Pantura. "Personel kami juga sudah disiagakan untuk menjaga kantong parkir angkutan barang di ruas Solo-Semarang dan Pantura," ungkapnya, Minggu (20/5/2018).

Menurut Satriyo, pembuatan rest area bisa dimanfaatkan untuk tempat istirahat para supir truk. Pasalnya, sesuai hasil rapat koordinasi dengan para pengusaha angkutan barang di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), tempat istirahat diperlukan supaya supir truk tidak kelelahan dalam perjalanan antar kota antar propinsi maupun dalam propinsi.

"Kami juga masih mencari bahu jalan ruas Solo-Semarang yang bisa dipakai untuk rest area. Karena selama ini tidak ada bahu jalan yang kosong. Ini persoalan yang harus dipecahkan bersama-sama," ujarnya. Satriyo juga memastikan angkutan barang dilarang beroperasi selama H-3 sampai H+3 Lebaran.

Sementara itu, sebagai persiapan arus mudik, pihaknya menyediakan 1.500 armada bus hasil gabungan dari Kemenhub, perusahaan swasta, dan BUMN untuk memfasilitasi pekerja agar dapat pulang kampung dari Jakarta ke Jateng. "Kemudian, 50 bus lainnya disediakan pula oleh PT Jasa Raharja (Persero) untuk pemudik dari Semarang menuju Bandung dan Surabaya," tambahnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis