PSIS Semarang Hancur di Kandang Sriwijaya FC

Pemain PSIS Semarang Aldaier Makatindu kala bertanding melawan Sriwijaya FC di Stadion Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, Selasa (22/5 - 2018) malam. (Vidio.com/O Channel)
22 Mei 2018 22:50 WIB Ginanjar Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG - PSIS Semarang harus kembali menelan kekalahan pada pekan ke-10 Liga 1 Indonesia musim 2018 kala melawan Sriwijaya FC di Stadion Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, Selasa (22/5/2018). Tim kebanggaan warga Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) itu sebenarnya tampil apik pada babak pertama.

Di babak pertama, PSIS Semarang mampu menahan imbang tim tuan rumah dengan skor 0-0. Namun di babak kedua, konsentrasi pemain bertahan PSIS Semarang seakan-akan terpecah sehingga harus kebobolan empat gol.

Di awal babak kedua, PSIS Semarang masih menerapkan pressing ketat seperti yang dilakukan pada babak pertama. Permainan terbuka juga masih diterapkan kedua tim pada pertandingan pekan ke-10 Liga 1 Indonesia musim 2018 itu.

Keasyikan menyerang, PSIS Semarang justru kecolongan gol yang dilesakkan bek Sriwijaya FC, Hamka Hamzah, pada menit ke-51. Gol tersebut terlahir dari serangan bali cepat yang dilancarkan anak-anak asuh Rahmad Darmawan. Umpan cantik yang dilepaskan Alberto Gonvalves disambut dengan sundulan kepala Hamka Hamzah yang mengarah ke sudut kanan bawah gawang PSIS Semarang.

Meski kebobolan satu gol, Laskar Mahesa Jenar tak mengendurkan serangan mereka. Bahkan, anak-anak asuh Vincezo Alberto Annese semakin gencar menerapkan pressing ketat demi menguasai permainan.

Kiper PSIS Semarang Aji Bayu Putra kembali harus memungut bola dari gawangnya untuk kali kedua setelah bek Sriwijaya FC, Mahammadou Ndiaye, mampu melesakkan gol pada menit ke-56. Gol kedua Sriwijaya FC itu lagi-lagi terlahir dari sundulan kepala setelah Mahammadou Ndiaye mendapatkan umpan cantik dari tendangan sudut.

PSIS Semarang mendapatkan kesempatan untuk memperkecil ketertinggalan di menit ke-59 melalui tendangan keras Hari Nur Yulianto. Namun lagi-lagi, kiper Sriwijaya FC Teja Paku Alam masih sigap mengamankan gawangnya dengan menepis tendangan terarah dari Hari Nur Yulianto.

Terlalu bermain terbuka, PSIS Semarang kembali kecolongan gol untuk kali ketiga di menit ke-64. Kali ini striker Sriwijaya FC, Alberto Goncalves, yang mendapatkan umpan cantik dari Makan Konate mampu mengecoh kiper PSIS Semarang, Aji Bayu Putra, dan melepaskan tendangan ke dalam gawang. Gol tersebut membuat Sriwijaya FC unggul 3-0 atas PSIS Semarang.

Sekitar enam menit kemudian, bek Sriwijaya FC Mahammadou Ndiaye mampu menorehkan gol keduanya pada pertandingan tersebut. Berawal dari sepak pokok, pemain berpostur tinggi itu mampu mengarahkan bola ke dalam gawang PSIS Semarang melalui sundulan kepala dan mengubah skor menjadi 4-0 untuk keunggulan Sriwijaya FC.

Striker PSIS Semarang Hari Nur Yulianto kembali berkesempatan memperkecil ketertinggalan di menit ke-73 kala dirinya mendapatkan umpan manis dari Gustur Cahyo. Sayang, sundulan kepalanya masih melenceng dari gawang Sriwijaya FC.

Ketinggalan empat gol, PSIS Semarang justru memilih lebih bertahan. Striker PSIS Semarang Hari Nur Yulianto digantikan bek sayap Safrudin Tahar pada menit ke-80.

Menjelang akhir pertandingan pekan ke-10 Liga 1 Indonesia musim 2018 itu, kedua tim sama-sama menurunkan tempo permainan. Serangan-serangan agresif dari kedua tim yang dipertontonkan sebelumnya sudah mulai tak tampak di 10 menit terakhir waktu normal.

Tak ada gol tambahan yang tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan pekan ke-10 Liga 1 Indonesia musim 2018 itu. Skor 4-0 untuk kemenangan tim tuan rumah, Sriwijaya FC, atas PSIS Semarang bertahan hingga pertandingan berakhir.

Atas kekalahan itu, PSIS Semarang semakin terpuruk di zona degradasi Liga 1 Indonesia musim 2018. Kekalahan tersebut merupakan kekalahan ketiga berturut-turut yang dialami tim besutan Vincenzo Alberto Annese di tiga pekan terakhir Liga 1 Indonesia musim 2018.

Susunan pemain:
PSIS Semarang: Aji Bayu Putra; Fauzan Fajri, Frendi Saputra, Gilang Ginarsa, Haudi Abdillah, Petar Planic; Hafit Ibrahim, Ibrahim Conteh, Melcior Majefat; Bruno Silva, Hari Nur Yulianto.
Pelatih: Vincenzo Alberto Annese

Sriwijaya FC: Teja Paku Alam; Hamka Hamzah, Mahammadou Ndiaye, Alfin Tuasalamony, Marckho Sandhy; Adam Alis, Esteban Gabriel Vizcarra, Makan Konate, Zulfiandi; Alberto Goncalves, Jalilov.
Pelatih: Rahmad Darmawan

 KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya