Pelindo III Pangkas 4,5 Hari Dwelling Time di Tanjung Emas

Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang, Jawa Tengah. (Antara/Aditya Pradana Putra)
25 Mei 2018 12:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Pelindo III terus mengoptimalkan pemangkasan dwelling time atau waktu tunggu peti kemas di Pelabuhan Tanjung Emas hingga 3,5 hari. Pasalnya, hingga saat ini dweling time di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang kini masih mencapai 4,5 hari.

Direktur Utama PT Pelindo III Ari Askhara mengatakan pemangkasan dwelling time menjadi 3,5 hari harus dilakukan. Namun pihaknya lebih memilih menekan cost logistic agar lebih rendah.

"Kami memang sedang berupaya memangkas dwelling time menjadi 3,5 hari. Namun yang paling penting adalah menekan cost logistic serendah mungkin dan terus melakukan perbaikan layanan ," ujar Ari Kamis (24/5/2018).

Di sisi lain, PT Pelindo III menargetkan peti kemas yang singgah ke Pelabuhan Tanjung Emas mencapai 700.000 TEUs sepanjang 2018. Namun, target tersebut sudah terealisasi bulan Mei ini karena petikemas yang singgah di Pelabuhan Semarang sudah mencapai 800.000 TEUs.

Menurutnya, Jateng menjadi eksodus dari Jawa Timur karena mempunyai upah yang cukup kompetitif dibandingkan provinsi lain. Dia menambahkan, dengan upah cukup murah banyak sekali pengusaha yang memindahkan usahanya ke Jateng.

"Jateng mempunyai UMR yang kompetitif jika dibandingkan dengan provinsi lain. Ini menimbulkan banyaknya kapal yang bersandar di pelabuhan sehingga arus lalu lintas petikemas cukup tinggi," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis