Wali Kota Semarang Berencana Bangun Jalur Kereta Kota-Bandara

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (kiri) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan) infrastruktur di terminal baru Bandara Ahmad Yani Kota Semarang, Jateng, Minggu (27/5 - 2018). (Istimewa)
28 Mei 2018 08:50 WIB Ginanjar Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berencana akan membangun infrastruktur berupa light rail transit (LRT) atau jalur kereta api ringan yang menghubungkan pusat kota dengan Bandara Ahmad Yani di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Rencana tersebut ia ungkapkan seusai mengecek progres pembangunan terminal baru Bandara Ahmad Yani Kota Semarang bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, Minggu (27/5/2018).

Meski begitu, wali kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu membeberkan rencana pembangunan infrastruktur berupa LRT itu masih dalam tahap pengkajian. "Hari ini pembangunan LRT tersebut sudah sampai proses kajian, kita upayakan secepat mungkin dimulai pembangunan fisiknya," ucap Hendi seperti dikutip pada siaran pers yang diterima Semarangpos.com, Minggu (27/5/2018).

Sebelum rencana tersebut direalisasikan, Hendi menjelaskan sudah ada alat transportasi umum berupa BRT Trans Semarang yang bisa dimanfaatkan untuk menuju dan keluar Bandara Ahmad Yani Semarang. "Tapi saat ini pun untuk keluar masuk area bandara sudah kita fasilitasi dengan BRT Trans Semarang koridor V," lanjut politikus PDI Perjuangan itu.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku belum memiliki rencana apapun terklait pembangunan infrastruktur berupa LRT yang menghubungkan pusat Kota Semarang dengan Bandara Ahmad Yani Semarang. Ia menyatakan letak Bandara Ahmad Yani Kota Semarang  cukup dekat dengan pusat Kota Semarang.

Dalam kunjungan itu, Basuki Hadimuljono berkeliling melakukan pengecekan infrastruktur pendukung terminal baru di Bandara Ahmad Yani Semarang. Meski pembangunan tersebut merupakan wewenang Kementrian Perhubungan, wali kota Semarang dan menteri PUPR sepakat untuk bertanggung jawab atas operasional bandara dengan membangun beberapa infrastruktur penunjang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya