Polisi Bersiap Urai Macet Jembatan Kalikuto, Kendal

ilustrasi arus mudik Lebaran. (Solopos/dok)
02 Juni 2018 09:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, KENDALKakorlantas Polri Irjen Pol. Royke Lumowa menyatakan wilayah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah akan menjadi fokus penanganan macet selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.

Sikap itu diambil mengingat pembangunan Jembatan Kalikuto di perbatasan Kendal-Batang masih belum rampung. "[Penanganan lalu lintas] di Kendal penting sekali karena ada jembatan yang belum tersambung di situ," kata Irjen Pol. Royke di Mapolres Kendal, Jateng, Jumat (1/6/2018).

Jembatan penghubung jalur jalan tol Batang-Semarang tersebut diperkirakan bisa dipergunakan pemudik mulai 12 Juni-13 Juni atau H-3 hingga H-2 Lebaran 2018. Kendati demikian, jajaran Satlantas Polres Kendal telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi pemusatan kendaraan pada satu lajur.

"Kendaraan akan dikeluarkan ke arteri dulu sebelum (jembatan) Kalikuto, lalu masuk ke Pantura. Nanti kalau dari arah Semarang sepi, boleh dialihkan lagi masuk ke tol. Ini situasional," katanya.

Selain itu, beberapa titik rawan macet lainnya di Kendal yakni pasar tumpah dan perlintasan kereta api di kecamatan Cepiring dan kecamatan Kaliwungu yang juga berpotensi macet karena adanya perlintasan kereta api dan pasar. "Tahun lalu di Kaliwungu macet. Mudah-mudahan dengan adanya tol fungsional, (macet di) Kaliwungu sedikit teratasi," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara