Pelindo III Antar Gratis 4.500 Pemudik dari Pelabuhan Semarang

Kedatangan penumpang di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (Bisnis)
07 Juni 2018 09:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Pelindo III berikan fasilitas mudik gratis kepada 4.500 penumpang yang turun dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Total ditargetkan ada 14.000 penumpang yang akan dilayani mudik gratis di dua pelabuhan yang dikelola Pelindo III.

General Manajer PT. Pelindo III Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Ardhy Wahyu Basuki, menyatakan ada tujuh titik tujuan yang akan mendapat layanan gratis mudik Lebaran 2018 itu. "Penumpang kapal Pelni yang berasal dari Kumai dan Sampit selanjutnya akan diantar dengan bus Damri ke daerahnya. Ini tujuannya untuk mengurangi kemacetan sekaligus meningkatkan kenyamanan penumpang," kata Ardhy seusai melepas keberangkatan bus ke berbagai daerah asal pemudik, Selasa (5/6/2018).

Ardhy menambahkan, di wilayah Pelindo III, mudik gratis dilayani di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Total ditargetkan ada 14.000 penumpang yang akan dilayani mudik gratis. "Semarang mendapat jatah sekitar 30% Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu, kemarin 2500, sekarang 4500," jelasnya.

Menurut Ardhy, titik tujuan mudik gratis adalah untuk arah timur di Rembang dan arah barat di Tegal. Sementara tujuan lain di Solo, Magelang, Purworejo, Wonosobo, dan Yogyakarta. "Mereka akan diangkut dengan bus Damri. Untuk tahun-tahun selanjutnya, kita mengupayakan pengangkutan dengan kereta api agar daya angkut lebih banyak," kata Ardhy.

Dia memerkirakan puncak arus mudik penumpang kapal yang mendarat di Pelabuhan Tanjung Emas akan terjadi pada H-1 dan H-2 lebaran. "Yang pasti akan ada kenaikan penumpang," kata Ardhy. Namun, untuk jumlah penumpang, dia tidak bisa memerkirakan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis