Ini Video Kericuhan Demo Mahasiswa Unnes

Potongan video kericuhan di halaman Rektorat Unnes, Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang, Jateng, Kamis (7/6 - 2018) sore. (Instagram/@lambe_turah)
08 Juni 2018 04:50 WIB Ginanjar Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) melakukan demonstrasi di halaman Gedung Rektorat Unnes, Sekaran, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (7/6/2018) sore terkait penolakan uang pangkal. Aksi itu kemudian ricuh saat sejumlah mahasiswa mengadang mobil yang diduga ditumpangi Rektor Unnes, Prof. Fathur Rockhman.

Video kericuhan demo mahasiswa di salah satu kampus di Kota Semarang itu kemudian menyebar di media sosial. Bahkan, salah satu akun Instagram yang kerap menebar kabar selebriti, @lambe_turah, turut mengunggah video dan foto kericuhan di Unnes.

Berdasarkan video dan foto yang diunggah di akun Instagram tersebut, tampak sejumlah orang ramai berlarian mengadang mobil yang diduga ditumpangi Rektor Unnes Prof. Fathur Rokhman. Bahkan, sejumlah personel keamanan tampak kewalahan menghentikan sejumlah orang yang ingin mengadang mobil tersebut. Ada juga beberapa orang yang tampak tersungkur di tengah kericuhan tersebut.

Video tersebut kemudian menuai komentar miring dari netizen terkait salah satu kampus di Kota Semarang tersebut. Rektor Unnes bahkan tak luput dari cibiran netizen. "Tapi memang parah rektor Unnes yang sekarang! Cz adikku kuliah di situ. Meh nyebutin keluhan satu-satu takut dciduk," tulis pengguna akun Instagram @widi_dewi5.

"Pak rektor sebentar lagi jadi selebritis tanah rantau Semarang. Itu Mahasiswamu pak. Bukan daun kering yang bisa diinjak, diterabas diterjang. Mereka diam berdoa menunggumu pak. Tapi kenapa engkau seperti ini? Saya kecewa pak. Pak rektor seperti bukan bapak kami lagi," ungkap pengguna akun Instagram @apriliaalinkusumawardani.

"Kalau rektornya mau diajak ngomong baik baik ya enggak bakal ribut. Contoh nyata kemarin UNS lo selesai dengan cepat dan baik," tulis pengguna akun Instagram @mrizkisaif_.

Dikabarkan Semarangpos.com sebelumnya, koordinator unjuk rasa, Iqbal, mengungkapkan para mahasiswa memang berusaha mengadang mobil yang diduga ditumpangi rektor Unnes tersebut. Ia menyebutkan ada tindakan represif dari pihak keamanan dalam unjuk rasa itu.

Demo di salah satu kampus di Kota Semarang yang berujung ricuh itu merupakan aksi hari keempat. Berbeda dengan tiga unjuk rasa sebelumnya, mahasiswa tak melakukan orasi, melainkan melakukan aksi diam dengan menutup mulut dengan masker.

Sebelum kericuhan pecah, rektor Unnes diduga masih berada di dalam gedung rektorat. Hingga akhirnya, mahasiswa mengadang mobil yang akan keluar hingga terjadi kericuhan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya