Cuti Lebaran, Kendaraan Dinas Pemprov Jateng Dikandangkan

Sekda Jateng, Sri Puryono (kedua dari kanan), menyerahkan kunci mobil dinas miliknya di kantor Setda Jateng, Semarang, Jumat (8/6 - 2018). (Semarangpos.com/Humas Pemprov Jateng)
09 Juni 2018 20:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Menjelang berlangsungnya libur dan cuti bersama Lebaran 2018, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) tak hanya mengapelkan para pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN). Jelang cuti Lebaran untuk PNS yang dimulai Senin (11/6/2018), Pemprov Jateng juga mengumpulkan kendaraan dinas  untuk didata.

Kendaraan dinas ini didata Jumat (8/6/2018) sore, agar tidak ada yang dibawa ASN untuk mudik Lebaran. Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sri Puryono KS MP, mengatakan  menjelaskan tahun ini merupakan tahun keempat dilaksanakannya apel kendaraan dinas sebelum cuti Lebaran dimulai.

"Tidak hanya ASN atau pegawai saja yang apel, kali ini mobil dinas juga diapelkan. Ini sudah tahun keempat mobil dinas diapelkan. Termasuk mobil plat H6 punya sekda dan juga mobil asisten sekda,” ujar Puryono saat menghadiri penyerahan kendaraan dinas di lingkungan Setda Jateng, BPKAD Jateng, dan Setwan Jateng di halaman Gedung B Kantor Gubernur Jateng, Semarang, Jumat sore.

Puryono mengatakan semua kendaraan dinas di lingkungan Kantor Gubernur yang tidak digunakan untuk operasional, seperti peninjauan posko Lebaran, wajib dikumpulkan kembali di halaman Setda Jateng. Begitu pula dengan kendaraan dinas di SKPD yang juga mesti dikandangkan di instansi masing-masing. Hal itu dilakukan sebagai wujud kepatuhan terhadap regulasi yang ada.

"Semua mobil  dinas, kecuali yang untuk operasional saat lebaran, itu wajib di masukkan ke pool, ke sini. Misalnya (kendaraan) Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kominfo dan humas protokol masih dipakai karena ada acara. Misalnya kunjungan ke posko tertentu. Sementara mobil dinas asisten dan sekda sudah semua di sini," beber Sekda.

Mantan Kepala Dinas Kehutanan Jateng ini berpesan agar kendaraan dinas yang sudah dikumpulkan di halaman Setda Jateng diberi sarung pelindung. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Biro Umum Setda Jateng pada pukul 15.25 WIB, tercatat total 169 mobil dinas yang berada di lingkup Setda Jateng, pool, dan rumah dinas pimpinan daerah. Dari total tersebut, 155 mobil dinas sudah dikumpulkan. Sementara itu, sisanya digunakan  untuk operasional pelayanan mudik dan dalam proses perbaikan di bengkel. Selain itu, dari total 94 motor dinas, 80 motor dinas sudah dikumpulkan. Sebanyak 14 motor sisanya masih digunakan untuk operasional dan segera dikumpulkan. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya