H-7 Lebaran, 2.200 Kendaraan Masuk Tol Manyaran Setiap Jamnya

Antrean kendaraan saat memasuki pintu tol Manyaran, Kota Semarang, Sabtu (9/6 - 2018). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
10 Juni 2018 06:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Sekitar 2.200 kendaraan masuk melintasi ruas tol Manyaran, Kota Semarang, setiap jamnya saat H-7 Lebaran atau Jumat (8/6/2018). Jumlah ini pun kemungkinan besar akan bertambah saat puncak arus mudik Lebaran yang diperkirakan jatuh pada Sabtu (9/6/2018) dan Minggu (10/6/2018).

Wakil Kepala Posko Mudik tol Manyaran, Kompol Wahono, mengatakan selama dua hari terakhir jumlah kendaraan yang masuk tol Manyaran, Semarang, mengalami peningkatan yang cukup pesat. Jika pada hari pertama posko, Kamis (7/6/2018), kendaraan yang masuk tol Manyaran sekitar 47.242 unit, maka hari berikutnya mengalami peningkatan mencapai 54.911 unit.

“Itu berdasar perhitungan kami per hari atau selama 24 jam. Jumlah itu kemungkinan bertambah pada hari ini [Sabtu] dan besok [Minggu, 10 Juni, karena sudah mulai libur sekolah juga,” beber Wahono saat dijumpai Semarangpos.com di gerbang tol (GT) Manyaran, Kota Semarang, Sabtu siang.

Agar tidak terjadi penumpukan kendaraan saat puncak arus mudik nanti, Wahono mengaku pihaknya bersama PT Jasa Marga Cabang Semarang sudah menerapkan berbagai strategi. Salah satu strategi itu, yakni dengan membuka empat gate baru untuk melayani kendaraan yang akan masuk tol Manyaran.

Dengan tambahan empat gate itu, praktis saat ini ada 12 gate yang beroperasi di pintu masuk tol Manyaran. Sementara untuk kendaraan yang keluar tol Manyaran, hanya dilayani dua gate atau dua jalur.

Pantauan Semarangpos.com, Sabtu siang, meski gate di tol Manyaran sudah dibuka secara maksimal, antrean kendaraan yang ingin masuk tol masih cukup panjang. Antrean kendaraan bahkan mengular hingga sekitar 1 km pada setiap lajurnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya