Pemprov & KPU Jateng Deklarasikan Kampenye Damai

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menandatangani Deklarasi Kampanye Pemilu Damai. (Antara/Wisnu Adhi)
23 September 2018 14:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Komisi Pemilihan Umum Jateng dan kepolisian menyosialisasikan pelaksanaan tahapan kampanye pada Pemilu dan Pilpres 2019 yang aman serta damai.

Sosialisasi kampanye damai pada Pemilihan Umum serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 tersebut ditandai dengan Deklarasi Kampanye Damai di Lapangan Pancasila, kawasan Simpang Lima, Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (23/9/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyarankan para kandidat Pilpres sering melakukan foto bareng dengan lawan politik mereka. Mantan anggota FPDIP DPR itu lalu mencontohkan calon presiden Joko Widodo dan capres Prabowo Subianto yang selalu ceria dan akrab ketika bertemu dalam berbagai kesempatan.

Menurut Ganjar, hal tersebut bisa menjadi contoh dalam menjaga kesejukan berpolitik menjelang Pemilu dan Pilpres 2019. "Sering-seringlah foto dengan lawan politik, kemudian diunggah. Insyaallah, itu akan menjadi contoh dan diikuti, kompetisi ini sehat," katanya.

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo mengingatkan para kandidat dan tim kampanye masing-masing calon mematuhi aturan kampanye yang telah ditetapkan, termasuk pemasangan alat peraga kampanye. "Selama masa kampanye, alat peraga kampanye dan bahan kampanye difasilitasi KPU, apa pun kegiatan kampanye harus diberitahukan kepada penyelenggara," ujarnya.

Ia menyebutkan masa kampanye Pemilu 2019 akan berlangsung serentak mulai Minggu (23/9/2018) ini  hingga 13 April 2019. "Kami berharap dengan waktu kampanye yang cukup panjang sekitar 6,5 bulan peserta pemilu, masyarakat, dan penyelenggara menjaga, serta merawat NKRI, mengambil isu-isu baik, cara yang baik, dan insyaallah dapat yang terbaik," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara