DPRD Jateng Minta Tambahan Anggaran Pertanian

Anggota Komisi B DPRD Jateng Ahsin Makruf (berkemeja biru) menjadi narasumber dalam dialog tentang pertanian di Hotel Noormans Semarang, Senin (24/9 - 2018). (Antara/Wisnu Adhi)
25 September 2018 14:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Kalangan DPRD Jawa Tengah meminta eksekutif pemerintah menambah anggaran, bahkan menjadikan sektor pertanian sebagai prioritas demi meningkatkan kesejahteraan petani.

"Anggaran pertanian di Jateng pada 2018 yang kurang dari Rp1 triliun saat ini masih terlalu kecil jika melihat keinginan pemerintah mewujudkan swasembada dan mewujudkan ketahanan pangan," kata anggota Komisi B DPRD Jateng Ahsin Makruf dalam dialog tentang pertanian di Hotel Noormans Semarang, Senin (24/9/2018).

Menurut dia, sektor pertanian perlu menjadi prioritas Pemprov Jateng dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jateng untuk lima tahun ke depan. "Anggaran pertanian harus masuk dalam RPJMD lima tahun ke depan sebagai wujud nyata keberpihakan pemerintah kepada para petani," ujarnya.

Politikus Partai Amanat Nasional itu mengungkapkan sejumlah persoalan yang dihadapi sektor pertanian Jateng saat ini, antara lain kebanyakan petani hanyalah petani penggarap dan petani yang memiliki lahan di bawah 0,5 ha. Hal itu, kata dia, sama halnya para petani tersebut merupakan petani golongan kecil dan berdasarkan pantauannya, banyak lahan pertanian di Kabupaten Semarang yang dimiliki pemodal dari kota-kota besar.

Selain itu, tata ruang pertanian harus diperhatikan karena menjadi isu krusial bagi di bidang pertanian.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara