Kunjungan Wisman di Jateng Jauh dari Target

Salah satu event atau agenda wisata di Jawa Tengah, Solo International Performing Arts (SIPA), yang mampu menarik perhatian wisatawan asing. (Solopos.com)
26 September 2018 10:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Jawa Tengah (Jateng) sepanjang 2018 masih jauh dari target yang dicanangkan Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Kemenpar menargetkan Jateng mampu menarik kunjungan wisatawan asing mencapai 1,2 juta orang pada 2019 nanti. Jumlah ini terbilang cukup tinggi mengingat kunjungan wisman di Jateng sepanjang 2018 ini baru mencapai sekitar 650.000 orang.

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Alamsyah, menargetkan tahun ini jumlah wisatawan mancanegara di Jateng mencapai 900.000 orang atau naik dibanding kunjungan tahun lalu yang berkisar di angka 790.000 orang. Jika target itu bisa tercapai, bukan hal yang mustahil bagi Jateng memenuhi target yang dicanangkan Kemenpar pada 2019 nanti.

“Saat ini kami terus berupaya mendongkrak kunjungan wisatawan, terutama yang dari mancanegara ke Jateng. Ada beberapa strategi, salah satunya dengan mengencarkan promosi melalui berbagai media, seperti media sosial, elektronik, online, dan cetak,” tutur Alamsyah kepada wartawan di Banaran Cafe, Kota Semarang, Selasa (25/9/2018).

Selain mengencarkan promosi di media sosial, Disporapar Jateng juga memperbanyak event atau agenda wisata untuk mendongkrak kunjungan turis. Hingga September 2018, total sudah ada sekitar 150 event atau agenda budaya yang digelar di Jateng, baik baru maupun lama, seperti Dieng Culture Festival, Festival Kota Lama hingga Festival Karimunjawa.

Jumlah event atau agenda wisata yang digelar itu jauh lebih banyak dibanding tahun 2017 lalu, yang hanya berkisar sekitar 100 event. “Tahun ini kami menargetkan sekitar 180 event wisata yang digelar di Jateng. Beberapa di antaranya juga kami targetkan masuk dalam agenda Kemenpar dalam 100 Wonderfull Event. Dengan banyaknya event ini tentu akan menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke Jateng,” terang Alamsyah.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya