Begini Aksi BPBD Jawa Tengah di Sulawesi Tengah...

Para sukarelawan di lokasi bencana alam gempa buni di Palu, Sulawesi Tengah. (Bisnis/BNPB Jateng)
14 Oktober 2018 22:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Sukarelawan di bawah naungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah telah melakukan aksi nyata dalam membantu korban bencana alam gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah. Sejak diberangkatkan 6 Oktober lalu, mereka telah membangun hunian sementara (huntara), pembangunan rumah sakit tenda, penyaluran air bersih, pembuatan dapur umum, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Kepala BPBD Jawa Tengah, Sarwa Pramana mengatakan tim sukarelawan Jateng telah melakukan aksi nyata sejak 11 Oktober lalu.  Sesampai lokasi bencana, tim menurutnya langsung dibagi menjadi beberapa bagian untuk melakukan gerakan cepat membantu para korban. “Kami bagi tim agar pelaksanaan bantuan dapat berjalan cepat.  Jadi begitu sampai di lokasi, kami langsung melaksanakan pekerjaan sesuai tugas masing-masing tim,” kata Sarwa Jumat (12/10/2018).

Adapun, tim yang sudah dibentuk terdiri atas tim tenda sebanyak 14 orang yang bertugas membangun tenda untuk sukarelawan dan rumah sakit sementara di RS Samaritan dan RS Budi Agung Palu, tim huntara sebanyak 25 orang untuk membangun rumah di Petobo Palu, tim dapur umum sebanyak 20 orang yang menyediakan makanan untuk didistribusikan kepada masyarakat serta tim sukarelawan. “Ada juga tim kesehatan yang melayani pasien serta melakukan inventarisasi dan mendistribusikan obat-obatan ke beberapa titik,” tambahnya.

Pihaknya juga telah berhasil membangun instalasi air bersih yang disalurkan kepada masyarakat di Palu. Instalasi air bersih sudah berhasil dipasang dengan kapasitas dua galon perjam. 

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku senang dengan kinerja tim ukarelawan Jateng di lokasi bencana Palu. Apa yang dipesankan sejak keberangkatan bahwa tim sukarelawan tidak boleh merepotkan ternyata dapat dibuktikan. “Saya sangat senang mendapat laporan ini. Saya sendiri akan datang ke Palu pada Senin (15/10) besok untuk mendampingi para relawan,” ucap Ganjar.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melepas rombongan sukarelawan yang akan ditugaskan membantu korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Minggu (6/10/2018). Selain sukarelawan, sejumlah truk berisi bantuan dari berbagai instansi juga diberangkatkan ke lokasi bencana.

Sebanyak 119 sukarelawan dari berbagai unsur masyarakat dikirimkan dalam kesempatan itu untuk melaksanakan proses bantuan selama sepekan. Selama sepekan itu, tim sukarelawan asal Jateng memiliki target dapat mendirikan hunian sementara sebanyak 100 unit, membuka layanan kesehatan, memberikan layanan air bersih, serta distribusi logistik dan pembuatan dapur umum.

 KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis