Gunung Merbabu Kembali Terbakar, 10 Hektare Lahan di Jalur Thekelan Ludes

Ilustrasi kebakaran hutan. (Antara)
15 Oktober 2018 06:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Kebakaran kembali melanda hutan di lereng Gunung Merbabu, Minggu (14/10/2018). Kali ini kebakaran melanda hutan yang terletak di lereng Gunung Merbabu, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Kepala Balai Taman Nasional Gunung (BTNG) Merbabu, Edy Sutiyarto, mengatakan api mulai terlihat di jalur Thekelan, Gunung Merbabu, sekitar pukul 14.00 WIB. Kobaran api itu mulai meluas seiring hembusan angin ke arah barat.

“Hingga malam ini, api belum padam. Kebakaran meluas ke arah jalur pendakian Wekas,” ujar Edy saat dihubungi Semarangpos.com, Minggu malam.

Edy menyebutkan lebih dari 10 hektare lahan hutan di lereng Merbabu, Kecamatan Getasan, yang terbakar. Pihaknya saat ini dibantu warga, sukarelawan unsur SAR terus melakukan pemadaman api.

“Kita terus berupaya melakukan pemadaman. Selain itu, saya minta anak-anak tadi untuk mengamankan fasilitas yang ada. Semua unsur saat ini sudah bergerak,” imbuh Edy.

Edy mengaku belum tahu penyebab kebakaran hutan di lereng Gunung Merbabu itu. Kemungkinan besar kebakaran disebabkan ulah manusia.

Meski demikian, Edy menyatakan saat ini tidak ada pendaki di Gunung Merbabu. Jalur pendakian telah ditutup sejak Senin-Rabu (8-31/10/2018).

“Sudah sejak tanggal 8 Oktober kemarin pendakian kita tutup. Alasannya, kami ingin melakukan bersih-bersih dulu. Selama ini, jalur pendakian cukup licin dan berbahaya, sehingga kami lakukan pembersihan,” beber Edy.

Kebakaran hutan di Gunung Merbabu ini bukan yang kali pertama dalam sepekan terakhir. Sebelumnya, tepatnya pada Jumat (14/10/2018), hutan Gunung Merbabu juga mengalami kebakaran di lereng yang terletak di Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya