Presiden Jokowi Dijadwalkan Salat Jumat di MAJT

Presiden Joko Widodo. (Antara/Kutnadi)
19 Oktober 2018 05:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang, Jumat (19/10/2018).

Ketua Dewan Pengurus Pelaksana (DPP) MAJT Prof. K.H. Noor Achmad saat dimintai konfirmasi Kantor Berita Antara di Kota Semarang, Jateng, Kamis (18/10/2018), memastikan kesiapan dan antusiasme pihak MAJT Semarang untuk menyambut Presiden sebagai kunjungan istimewa. "Bila Jumat besok, RI 1 hadir salat Jumat di MAJT, berarti merupakan kunjungan pertama presiden," kata mantan Rektor Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang itu.

Seusai menunaikan sholat Jumat, ia berharap Presiden Jokowi bersedia meluangkan waktu untuk berdialog dan sambung rasa dengan jamaah yang hadir di MAJT Semarang. Dijelaskannya, MAJT didirikan oleh para ulama sepuh dan sesepuh Jateng pada 2002, yang dalam kiprahnya makin mendapatkan kepercayaan dan apresiasi masyarakat.

MAJT, katanya, dipercaya sebagai masjid yang masif dalam menerapkan prinsip keberagaman, toleransi, dan merangkul seluruh potensi masyarakat. Selama ini, kata dia, konsep wasathiyah menuju Islam rahmatan lil alamin yang diimplementasikan MAJT untuk merangkul seluruh potensi masyarakat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pengakuan dari internasional terhadap peran MAJT, kata dia, dibuktikan dengan padatnya kunjungan dan kerja sama keilmuan dan keberagamaan dari berbagai negara, seperti Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Asia. Di dalam negeri, Noor menambahkan MAJT selalu dipadati oleh para umat beragama dengan misi sebagai rumah bersama bagi seluruh elemen agama dan etnis.

"Elemen agama dan etnis tak hanya berkunjung pada momen penting seperti Idul Fitri, Idul Adha, tapi juga melakukan kerja bakti sebagai cerminan gotong royong kerukunan hidup antarumat beragama," katanya.

Sekretaris DPP MAJT Semarang KH Muhyiddin menambahkan rencananya Prof. Noor Achmad selaku Ketua DPP MAJT yang menyampaikan khutbah Jumat pada kesempatan itu. "Temanya seputar sikap Islam yang antihoaks dalam bermuamalah. Kami yakin tema ini sangat urgent disampaikan terus menerus kepada masyarakat di era sekarang ini," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara