Sowan ke Kiai Demak, Jokowi Dihadiahi Ini...

Presiden Joko Widodo menemui awak media sesuai menggelar pertemuan tertutup dengan Kiai Munif Muhammad Zuhri di Ponpes Girikesumo, Mranggen, Demak, Jumat (19/10 - 2018) petang. (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
19 Oktober 2018 22:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Girikesumo, Kelurahan Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, di sela kunjungannya ke Jawa Tengah (Jateng), Jumat (19/10/2018).

Di ponpes yang sudah berdiri sejak 137 tahun silam itu, Jokowi berkesempatan berbincang dengan K.H. Munif Muhammad Zuhri, selaku pimpinan ponpes tersebut. Ia juga mendapat hadiah dari kiai asal Demak itu sebuah tongkat kayu sepanjang sekitar 1 meter berwarna cokelat.

Kendati demikian, Jokowi enggan menjelaskan kepada awak media apa fungsi tongkat pemberian kiai yang akrab disapa Gus Munif itu. Ia justru meminta awak media bertanya langsung kepada Kiai Munif Zuhri.

“Ya, tanya Pak Kiai saja. Jangan ke saya. Saya dapat tongkat,” ujar Jokowi sambil tertawa di Ponpes Girikesumo, Jumat petang.

Selama di Ponpes Girikesumo, Jokowi menggelar pertemuan dengan Kiai Munif selama beberapa menit. Pertemuan digelar secara tertutup setelah menjalankan ibadah salat Maghrib secara berjemaah.

Disinggung apa yang dibicarakan selama pertemuan, Jokowi menampik jika pembicaraan tersebut terkait pencalonannya kembali untuk maju sebagai presiden pada Pilpres 2019.  

Mantan Wali Kota Solo itu mengaku pembicaraan dengan Kiai Munif hanya seputar permasalahan bangsa dan kenegaraan.

“Kami banyak berdiskusi masalah kebangsaan. Berdiskusi tentang kebangsaan dan kenegaraan, berkaitan dengan ketatanegaraan dan tidak bisa saya sampaikan secara detail di sini,” terang Jokowi.

Kunjungan ke Ponpes Girikesumo ini bukanlah yang kali pertama dilakukan Jokowi. Sebelumnya, tepatnya saat pencalonannya sebagai presiden pada Pilpres 2014, Jokowi juga pernah menyempatkan diri sowan ke Kiai Munif.

Salah seorang pengasuh Ponpes Girikesumo, Nur Soleh, mengaku saat itu Jokowi datang untuk meminta restu dari Kiai Munif.

“Kali ini datang lagi. Sepertinya juga mau minta restu. Bedanya dulu dilakukan sebelum jadi presiden, sekarang sudah berstatus presiden,” tutur Soleh.

Kehadiran Jokowi ke Ponpes Girikesumo memang berlangsung kurang dari satu jam. Meski demikian, kehadiran orang nomor satu di Pemerintahan Republik Indonesia (RI) itu disambut meriah dan antusias seluruh warga dan penghuni ponpes, yang terdiri dari para santri.

Banyak yang berteriak histeris menyambut kedatangan Jokowi. Mereka juga menyempatkan diri meminta foto bersama pasangan Kiai Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019 itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya