Ini Dia Warung Langganan Jokowi saat ke Semarang...

Presiden Jokowi melayani permintaan selfi seorang santri di Ponpes Al Itqon, Bugelen, Tlogosari, Semarang, Sabtu (20/10 - 2018). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
21 Oktober 2018 10:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Presiden Joko Widodo (Jokowi) rupanya tak bisa jauh-jauh dari menu sarapan soto. Baik saat melakukan kunjungan kerja di Solo maupun Semarang, orang nomor satu di Pemerintah Republik Indonesia (RI) itu selalu mencari warung soto sebagai tempat santap pagi.

Jika di Solo, Jokowi kerap menyatap menu makan pagi di Warung Soto Kirana, lain halnya dengan di Semarang. Di ibu kota Jawa Tengah (Jateng), ada satu warung soto yang menjadi langganan Jokowi. Warung itu tak lain adalah Warung Soto Pak Man yang terletak di Jl. Pamularsih, Kota Semarang.

Warung Soto Pak Man menjadi pilihan Jokowi untuk menyatap sarapan di sela kunjungan di Semarang, Sabtu (20/10/2018). Sejumlah pejabat turut mendampingi kedatangan Jokowi di warung yang memiliki sajian andalan soto ayam dengan kuah rempah, aneka jenis sate, gorengan dan kerupuk itu.

Jokowi datang ditemani sejumlah pejabat Jateng, termasuk Gubernur Ganjar Panowo, sekitar pukul 07.30 WIB. Kehadiran Jokowi itu tentu mengundang perhatian masyarakat sekitar, salah satunya Valentiano, warga Puspuwarno Tengah, RT 004/RW 006.

Valentiano mengaku baru kali pertama melihat Jokowi sarapan di Warung Soto Pak Man. Meski pun, sebelumnya Jokowi pernah menikmati sarapan di warung itu, sekitar 14 April lalu.

“Pengin dikasih kaos, tapi tidak dapat. Ini tadi juga mengajak teman-teman,” ujar Valentiano.

Seusai menyatap hidangan sarapan, Jokowi dan rombongan kemudian blusukan ke Pasar Karangayu. Ratusan pedagang dan pengunjung pasar pun kaget melihat kedatangan mantan Wali Kota Solo tersebut.

Mereka lantas berdesakan untuk berlomba menjabat tangan Jokowi. Mereka juga banyak yang menawarkan dagangannya kepada Jokowi, seperti buah-buahan dan lain-lain.

“Pak Jokowi sawo pak. Manis ini pak,” teriak salah seorang pedagang, Jajang Rubiyanto, yang langsung direspons Jokowi.

“Sawo opo? Manis? Yasudah beli empat kilo,” jawab Jokowi sambil melanjutkan perjalanan.

Jajang mengatakan harga sawo per kilogram miliknya Rp17.000. Namun, oleh Jokowi dirinya diberi uang Rp100.000 untuk pembelian 4 kilogram sawo. “Kembaliannya tak kasih ke ajudan tapi tidak mau,” kata Jajang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya