Huntara Bantuan Jateng di Palu Picu Pujian

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menggendong anak di pos pengungsian Desa Lolu, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. (Antara/Humas Pemprov Jateng)
25 Oktober 2018 14:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Berbagai pihak—termasuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana—mengapresiasi pembangunan hunian sementara yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di Petobo Baru, Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Pembangunan 100 unit huntara tersebut bahkan sempat viral setelah dipuji banyak pihak, salah satunya Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Melalui akun media sosial Twitter pribadinya, Sutopo memuji pembangunan huntara oleh Pemprov Jateng, serta meminta para gubernur di daerah lain tergerak hatinya membangun hunian sementara bagi korban bencana gempa dan tsunami di Palu.

Sutopo menuliskan dua status di laman twitter resminya, yang pertama statusnya menggambarkan jika kondisi Palu sudah mulai turun hujan. "Langit gelap dan suara gludug di angkasa menandakan akan hujan di Palu. Huntara Kampung Jateng menjadi rumah yang nyaman dan meneduhkan hati bagi pengungsi korban gempa. Seandainya gubernur lain juga tergerak hatinya membantu membangun huntara di Palu akan sangat berarti".

Selain itu, ia juga menuliskan status lainnya berbunyi, "Pemda Jawa Tengah membangun 100 unit huntara dilengkapi dengan fasilitas umum (air bersih, MCK, sanitasi) untuk korban bencana di Palu. Ribuan huntara masih diperlukan untuk pengungsi di Sulteng. Semoga Pemda lain ikut membantu. Terimakasih Jawa Tengah @ganjarpranowo."

Cuitan Sutopo tersebut mendapat ratusan retweet, like, serta komentar dari para warganet, salah satunya dari akun @dr_ajad yang menuliskan '"Wah sekarang di Palu ada Jateng heuheuheu. Semoga Jateng bisa ada di mana-mana lagi membantu warga yang membutuhkan."

Ada pula komentar yang memuji Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, misalnya akun @pandjimbon yang menuliskan, “Pak Ganjar niki ibarate Sepi ing pamrih, rame ing gawe."

Ganjar juga me-retweet status Sutopo melalui akun pribadinya@ganjarpranowo dengan menuliskan kalimat "Semoga manfaat..."

Seperti diketahui, Gubernur Ganjar sudah mengunjungi langsung beberapa daerah di Palu yang terdampak bencana pada Senin (15/10/2018). Selain untuk memantau tim sukarelawan dari Jateng yang berada di Palu, Ganjar juga hadir untuk memberikan bantuan pada masyarakat yang menjadi korban bencana gempa dan tsunami tersebut, serta bertemu langsung Gubernur Sulawesi Tengah Longko Djanggola untuk menyerahkan bantuan.

Untuk membantu pemulihan, masyarakat Jateng telah mengirim bantuan lebih dari Rp2 miliar yang diserahkan Gubernur Ganjar Pranowo. Selain itu, ia juga mengirimkan 160 sukarelawan dari berbagai unsur untuk membantu masyarakat Palu.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Povinsi Jawa Tengah Sarwa Pramana mengatakan pembangunan 100 unit hunian sementara di Patebo Palu sudah selesai dilaksanakan. Bukan hanya rumah, di lokasi tersebut juga dibangun fasilitas lain seperti tempat MCK, sanitasi lengkap serta air bersih.

"Memang sempat menjadi viral karena baru pertama kali ada pemerintah daerah yang membangun huntara di lokasi itu," ujarnya.

Menurut Sarwa, di lokasi itu baru Pemprov Jateng yang membangun hunian sementara untuk para korban dan masyarakat pun sangat antusias dan berterima kasih dengan adanya rumah sementara tersebut. "Mereka sangat senang dan bersyukur, apalagi kemarin lokasi huntara dikunjungi Pak Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Panglima TNI, Kapolri dan pejabat penting sehingga banyak dibicarakan," katanya.

Untuk 100 unit hunian sementara yang telah dibangun dan dinamai Kampung Jateng itu, kata Sarwa, semuanya sudah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar yang menjadi korban bencana alam. Pihaknya memberikan kriteria khusus bagi penerima bantuan hunian sementara, yakni keluarga yang memiliki bayi dan balita, lanjut usia, ibu hamil, serta masyarakat yang ikut membantu pembangunan huntara.

Bukan hanya itu, pihaknya juga menargetkan ada pembangunan-pembangunan fasilitas umum lainnya yang dibutuhkan. "Nanti saya arahkan kabupaten/kota se-Jateng yang ingin membantu untuk membangun masjid dan sarana lainnya," tambahnya.

Pembangunan hunian sementara di Palu tersebut merupakan wujud kepedulian dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang selalu responsif pada kejadian bencana yang terjadi di sejumlah daerah. Gubernur Ganjar, lanjut dia, juga selalu hadir di daerah bencana untuk memberikan bantuan moril maupun materiil.(LHP)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara