Trans Semarang Tambah 3 Selter, Beragam Karakternya…

Layar monitor Passenger Information System (PIS) di Selter Transit Simpang Lima, Semarang, untuk memantau trafik armada Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang. (Antara/ BLU Trans Semarang)
12 Desember 2018 03:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang fokus menyelesaikan tiga selter baru yang tersebar di berbagai wilayah hingga akhir 2018. "Kami terus pantau progres pembangunan tiga selter ini agar tidak molor dari target," kata Kepala BLU Transsemarang Ade Bhakti Ariawan di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (11/12/2018).

Ketiga selter Bus Rapid Trasit (BRT) Trans Semarang itu adalah Selter Semarang Zoo (Kebun Binatang Mangkang), Selter Unika Soegijapranata, dan Selter Bandara Ahmad Yani Semarang. Masing-masing selter tersebut, kata dia, menunjukkan progres pembangunan yang hampir 100% sehingga diharapkan bisa dirampungkan pada akhir tahun ini.

"Sekarang sudah tahap finishing. Ketiganya memiliki konsep berbeda menyesuaikan kontur tanah, seperti Selter Unika yang desainnya modern," katanya.

Desain modern, kata dia, seperti diterapkan di Selter Simpang Lima, sementara untuk Selter Semarang Zoo dikonsep binatang dengan desain gambar harimau. "Kedua selter ini anggarannya masing-masing Rp100 juta, sementara untuk Selter Bandara Ahmad Yani sekitar Rp550 juta. Itu baru pembangunan tahap pertama," katanya.

Untuk Selter Semarang Zoo, kata dia, akan langsung terkoneksi dengan kantong parkir di belakang selter tersebut sehingga memudahkan masyarakat pengguna layanan transportasi massal itu. Sekarang, Ade mengaku masih terus berkoordinasi dengan pengelola Semarang Zoo, Dinas Pekerjaan Umum (PU), dan pemerintah pusat untuk kelancaran akses BRT Trans Semarang. Di depan Selter Semarang Zoo, kata dia, terdapat median jalan yang menghalangi akses bus yang berhenti di selter, namun sampai sekarang ini belum dilakukan pembongkaran.

"Kalau Selter Bandara Ahmad Yani, tahap kedua nanti akan dilengkapi selasar yang menghubungkan pintu keberangkatan dengan area parkir," paparnya, “fasilitasnya lebih lengkap, seperti pendingin udara, information system, dan sebagainya, seperti yang ada di Selter Simpang Lima."

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara